Paparkan Capaian 2023, Puji Raharjo : Program Sehati, Lampung Masuk Peringkat Nasional

Paparkan Capaian 2023, Puji Raharjo : Program Sehati, Lampung Masuk Peringkat Nasional

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kakanwil Kemenag) Lampung, Puji Raharjo mengatakan berbagai capaian program kerja Kemeneg Lampung di tahun 2023.

Diantaranya penguatan moderasi beragama saat ini di Lampung sudah ada 18 Desa Sadar Kerukunan dan Kampung Moderasi Beragama.

Ia mengatakan penguatan moderasi beragama di Lampung terus ditingkatkan.

Lanjutnya ada 3807 orang sebagai penguat moderasi beragama, 540 penggerak dan 180 pelopor di seluruh wilayah Lampung .

BACA JUGA:Pemprov Lampung Buka Seleksi Empat JPTP, Kepala Disperindag Diduduki Elvira Umuhanni

"Dengan adanya itu tahun ini untuk isu dan konflik agama berkurang dibanding tahun sebelumnya. Kami juga terus menambahkan desa sadar kerukunan hal ini terus meredam konflik antar agama di kabupaten dan kota se Provinsi Lampung," ungkapnya dalam acara media gathering Kemenag Lampung, di Hotel Bukit Randu, Senin 27 November 2023.

Kemudian untuk peningkatan kualitas pendukung pelayanan keagamaan dan pendidikan pada tahun 2023 pembangunan KUA SBSN telah mencapai 57 Gedung KUA dan peningkatan pelayanan melalui program revitalisasi 37 KUA. 

Lanjutnya untuk pembangunan gedung ruang kelas belajar melalui SBSN Madrasah hingga tahun ini ada 64 Gedung.

Ia juga menjelaskan dalam program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) di tahun ini Provinsi Lampung masuk ke peringkat 4 nasional dengan jumlah 38.267 sertifikasi.

BACA JUGA:Peserta Pemilu Kampanye di Medsos, Hanya Boleh Miliki 20 Akun Setiap Aplikasi

Capaian itu setelah Jawa Barat berjumlah 124,097, Jawa Tengah 98,978, dan Jawa Timur berjumlah 98,661. Hal ini membanggakan bagi kami, karena dengan jumlah penduduk yang lebih sedikit dibandingkan provinsi lain seperti di pulau Jawa, kita masuk dalam peringkat lima besar," ungkapnya.

Pihaknya saat ini terus membuka pendaftaran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ingin mendaftarkan sertifikat halal produknya.

Pihaknya menargetkan sertifikat halal tahun 2023 ditargetkan 1 juta oleh pusat dan capaiannya secara nasional sudah mencapai 3 juta lebih.

"Untuk tahun depan Presiden menargetkan 10 juta sertifikat halal, khususnya untuk pelaku UMKM," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: