DPD LPM Lambar Dorong Kader Tingkatkan Peran Aktif Dalam Mendukung Program Pemerintah Pekon

DPD LPM Lambar Dorong Kader Tingkatkan Peran Aktif Dalam Mendukung Program Pemerintah Pekon

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kader Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Pekon (LPMP) diharapkan dapat meningkatkan peran aktifnya dalam berkontribusi mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pekon. 

Hal demikian menjadi bagian penting yang disampaikan dalam kegiatan Temu Karya DPD LPM Kabupaten Lampung Barat bertempat di Balai Pekon Kubuliku Jaya, Kecamatan Batu Ketulis, Sabtu (25 November 2023).

Kegiatan itu dihadiri Ketua DPD LPM Provinsi Lampung, Drs Hi Ahmad Bastian Sy., Ketua DPD LPM Lambar Hi. Parosil Mabsus, Sekretaris Ali Sanjaya, Camat Batu Ketulis Sri Handayani, peratin serta para kader LPMP.

Ketua DPD LPM Lambar Hi. Parosil Mabsus, melalui Sekretaris Ali Sanjaya menuturkan, temu karya menjadi bagian penting dalam mendorong kader untuk lebih meningkatkan peran aktif dalam mendukung program pembangunan pekon. 

BACA JUGA:Bakesbangpol Lampung Barat Imbau Ormas Segera Serap Danah Hibah

“Tidak kita pungkiri keberadaan LPMP selama ini terkesan masih kurang aktif, sehingga temu karya ini menjadi momentum penting untuk mendorong seluruh kader LPMP agar bisa meningkatkan partisipasinya dalam mendukung program pekon, karena lembaga ini merupakan bagian dari mitra kerja peratin sehingga mempunyai peran strategis,” ujarnya.

Pihaknya memandang harus ada sinergitas yang baik antara pemerintah pekon dan LPMP, karena kader LPM membawa mandat tugas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun pekon. 

"Artinya disini LPMP punya peran strategis, yang sifatnya mendorong pemberdayaan masyarakat, dan tugas kita sebagai kader bagaimana menggerakan masyarakat," kata Ali.

Lebih lanjut, Ali Sanjaya memaparkan tugas dan fungsi kader LPMP yang antara lain melakukan pemberdayaan masyarakat pekon, Ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, menyusun rencana, melaksanakan, mengendalikan, melestarikan dan mengembangkan hasil pembangunan secara partisipatif serta menumbuhkan dan mengembangkan serta menggerakkan prakarsa, partisipatif swadaya serta gotong royong masyarakat.

BACA JUGA:Acara Puncak Turnamen Voli di Campang Tiga Berjalan Sukses dan Meriah, 4 Klub Keluar Sebagai Juara

“Sehingga diharapkan dari beberapa tugas dan fungsi itu, kader LPM bisa menjadi mitra kerja pemerintah pekon yang baik sehingga dapat membawa kemajuan dan kemandirian pekon,” harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: