Listrik di Sebagian Wilayah Balik Bukit Padam, Ini Penyebabnya

Listrik di Sebagian Wilayah Balik Bukit Padam, Ini Penyebabnya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Akibat sebuah layangan berukuran sedang jatuh dan mengenai kabel tegangan menengah di sekitar area Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Liwa mengakibatkan listrik di sebagian besar wilayah Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat padam pada Senin (20 November 2023) pukul 17.00 WIB.

Layangan yang menempel di kabel listrik itu sempat terbakar sehingga petugas PLN terpaksa harus memadamkan arus listrik di gardu di wilayah sekitar.

Disela melakukan perbaikan, Petugas Teknik ULP PLN Liwa Legio mengaku pihaknya sangat menyayangkan kejadian tersebut dan menghimbau masyarakat agar tidak bermain layang-layang dekat dengan jaringan listrik.

"Tentu kejadian ini sangat kami sayangkan, seharusnya masyarakat tahu dan tidak bermain kami layang-layang pada area yang padat dengan jaringan listrik, untuk menghindari hal-hal seperti ini," ucap Legio.

BACA JUGA:Sayang Lho..!! Aset Berharga Pemkab Lampung Barat di Kebun Tebu Dicampakkan

Pihaknya berharap kejadian ini dapat menjadi perhatian bersama dan semua dapat ikut mengingatkan para pecinta permainan layang-layang agar tidak bermain layang-layang di lokasi yang dapat membahayakan jaringan listrik.

"Kejadian kali ini akibat pemain layang-layang dari lapangan merdeka, jadi kami harap supaya ini bisa menjadi perhatian, karena di sekitar lapangan merdeka banyak jaringan listrik sehingga tidak aman bermain layangan di lokasi itu," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, pemerintah kecamatan Balik Bukit telah mengeluarkan surat edaran tentang himbauan agar masyarakat tidak bermain layang-layang dekat jaringan listrik terlebih menggunakan tali kawat atau bahan penghantar listrik lainnya.

Camat Balik Bukit M Yones, S.STP, M.H, mengatakan pemerintah kecamatan telah mengeluarkan surat edaran berupa himbauan agar menjadi perhatian masyarakat ketika bermain layang-layang.

BACA JUGA:Kader Posyandu Asoka 2 Tapaksiring Raih Juara 1 Lomba Penyuluhan Tingkat Provinsi Lampung

“Ya ada beberapa hal yang kami sampaikan dalam surat edaran itu, yakni masyarakat khususnya anak-anak dan remaja di imbau agar berhati hati dan tidak bermain layangan dekat jaringan instalasi listrik PLN karena dapat menimbulkan korsleting listrik/kebakaran/ledakan jika tersangkut di jaringan instalasi yang dapat mengakibatkan pemadaman listrik, kerusakan peralatan, serta mengganggu kepentingan umum yang berskala besar,” kata Yones

Selanjutnya, pihaknya juga menghimbau untuk tidak menggunakan tali kawat atau bahan penghantar listrik dalam bermain layangan karena beresiko terjadi sengatan arus listrik tegangan tinggi yang dapat mengancam jiwa dan raga.

“Kemudian kita minta supaya masyarakat tidak menginapkan atau meninggalkan layang-layang yang sedang terbang sampai malam hari untuk mengurangi resiko layang-layang tersebut jatuh pada jaringan instalasi tenaga listrik,” kata dia.

Sebab, menurut laporan dari pihak PLN Liwa sudah banyak terjadi di Kecamatan Balik Bukit dan mengakibatkan listrik padam berulang seperti di wilayah Lingkungan Seranggas hingga wilayah Pekon Bahway yang penyebab utamanya akibat layang-layang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: