Upaya Pupuk Semangat Belajar Siswa SDN I Pajar Bulan Giatkan Persami

Upaya Pupuk Semangat Belajar Siswa SDN I Pajar Bulan Giatkan Persami

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam upaya mengajarkan anak didik untuk mengenal alam, SD Negeri 1 Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat  melaksanakan program pendidikan ekstrakurikuler (ekskul) Gerakan Pramuka dengan menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami).

Kegiatan Persami yang ditutup pada Minggu (19 November 2023) tersebut diikuti siswa didik dari Kelas l hingga VI.

Sehingga meski sifatnya kegiatan internal ekskul, namun kegiatan tersebut berlangsung cukup meriah dan siswa juga mengikuti hiking sebagai langkah pengenalan alam.

Kepala SDN 1 Pajar Bulan Lukman Hakim, S.Pd., ketika dikonfirmasi media ini menyampaikan jika pramuka merupakan salah satu kegiatan wajib yang terkemas dalam pendidikan ekstrakurikuler memang diterapkan semua satuan pendidikan termasuk tingkat SD dalam Kurikulum 2013 (K13).

BACA JUGA:Hari Pertama Seleksi Kompetensi, Diikuti 134 Peserta

Saat ini kegiatan ekskul pramuka merupakan bagian dari penerapan kurikulum merdeka tertuang dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang telah diterapkan kepada siswa Kelas I sampai IV.

Kegiatan pramuka seperti halnya perkemahan ini juga merupakan salah satu upaya dalam memberikan spirit kepada anak didik dalam menempuh pendidikan dengan harapan tertanamnya kedisiplinan, kerjasama dan budaya gotong royong. 

Di sisi lain melalui kegiatan kemah dan hacking untuk memberikan suasana baru atau berbeda kepada siswa dalam menempuh pendidikan sehingga memberikan suasana lebih guna membuat anak semakin betah belajar, sekaligus sarana dalam mengenalkan para tunas Bangsa tentang lingkungan alam.

Pada kesempatan itu Lukman Hakim memberikan apresiasi yang tinggi baik kepada dewan guru maupun para siswa yang begitu semangat dalam mengaplikasikan penerapan ekskul Pramuka tersebut, diantaranya melaksanakan kegiatan kemah yang dilangsungkan di lingkungan sekolah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: