Petugas UPT Puskesmas Batu Kebayan Lakukan Imunisasi di Sekolah

Petugas UPT Puskesmas Batu Kebayan Lakukan Imunisasi di Sekolah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Tenaga Kesehatan UPT Puskesmas Batu Kebayan yang terdiri dari bidan desa dan perawat melaksanakan kegiatan Imunisasi untuk siswa Sekolah Dasar (SD) di sejumlah sekolah seperti di SDN 1 dan 2 Bakhu serta SD Negeri Atarbawang, Jumat (17 November 2023).

Untuk diketahui, program BIAS merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat melalui seluruh puskesmas untuk mencegah dan memberikan perlindungan terhadap anak-anak dari bahaya penyakit Campak, Difteri maupun Tetanus. Imunisasi ini secara khusus diberikan kepada para siswa SD kelas 1 dan 2.

Kepala UPT Puskesmas Batu Kebayan, Sarwo Edi Wahono S.K.M, mengatakan pemberian imunisasi untuk para siswa sekolah dasar ini dilakukan dengan mendatangi setiap sekolah yang ada di Kecamatan Batu Ketulis.

“Dalam program BIAS, para siswa kita berikan vaksin campak-rubella (MR) dan vaksin difteri-tetanus (DT). Jadi kami menghimbau kepada orang tua agar dapat mengizinkan anaknya untuk mendapat imunisasi di sekolah,” ujar Sarwo.

BACA JUGA:Pihak Yayasan Al Furqon Pajar Bulan Harapkan Perhatian Pemerintah Untuk Renovasi Gedung

Selain imunisasi, kegiatan itu juga menjadi bagian dari upaya puskesmas untuk melakukan penjaringan kesehatan di sekolah atau untuk deteksi dini bagi siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan pelayanan sedini mungkin.

“Upaya deteksi dini itu juga dilakukan mulai dari pemeriksaan kebersihan perorangan, pemeriksaan rambut, kuku dan kulit, pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri. Pemeriksaan ketajaman indera penglihatan dan penciuman serta pemeriksaan gigi dan mulut,” jelasnya 

Sehingga program ini harus mendapat dukungan dari para guru dan orang tua karena saat anak memasuki usia sekolah dasar sistem kekebalan tubuh harus ditingkatkan. Oleh sebab itu pemerintah memberikan imunisasi ulang kepada anak usia sekolah dasar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: