Pentingnya Pelestarian Monyet Ekor Panjang dalam Mempertahankan Keanekaragaman Hayati TNWK

Pentingnya Pelestarian Monyet Ekor Panjang dalam Mempertahankan Keanekaragaman Hayati TNWK

Ilustrasi Monyet Ekor Panjang penghuni TMWK-Pixabay.com-

Beberapa peran ekologis monyet ekor panjang dalam suatu ekosistem yaitu dapat berperan sebagai penyemaian benih, menumbuhkan biji menjadi benih untuk dipindahkan ke tempat penanaman. 

Monyet ekor panjang memiliki wilayah sebaran yang luas, tetapi populasi mereka mengalami penurunan yang signifikan. 

Adanya tumpang tindih antara manusia dan habitat monyet ekor panjang semakin meningkat, serta kerusakan habitat alam yang terus menerus seperti pembukaan lahan untuk perkebunan, penebangan liar, perkembangan pemukiman warga sehingga berdampak bagi populasi monyet ekor panjang kehilangan habitatnya. 

Situasi ini dapat memecah belah habitat alami monyet ekor panjang menjadi wilayah- wilayah yang lebih kecil, yang mengisolasi populasi, membuat pergerakan mereka sulit, dan mengurangi kesempatan mereka untuk mencari makan serta berinteraksi dengan kelompok lain. 

Habitat hidup monyet ekor panjang tersebar di hutan, rawa, semak belukar, tepi pantai yang ditumbuhi banyak pepohonan. 

Namun habitat yang mendukung peningkatan dan ketahanan jumlah monyet ekor panjang adalah habitat aslinya yaitu hutan. 

Jenis hutan yang ditempati oleh monyet ekor panjang disebut dengan hutan primer dan hutan sekunder.

Keberadaan monyet ekor panjang terancam akan punah, untuk hal itu perlu adanya upaya konservasi yang dilakukan untuk tetap menjaga kelestarian monyet ekor panjang di suatu ekosistem.

Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengkonservasinya yaitu dengan memberikan perlindungan terhadap monyet ekor panjang berupa persediaan tempat tinggal.

Masyarakat setempat juga dihimbau untuk tidak membiasakan memberi makan monyet ekor panjang karena hal tersebut akan membuat sifat alami monyet ekor panjang hilang dan membiasakan manusia sebagai sumber makanannya.

Dan yang terakhir yakni perlu diadakannya perundang-undangan yang mengkaji tentang perlindungan terhadap monyet agar tidak diburu, ditangkap, dibunuh, bahkan diperjual belikan.

 

Sumber referensi paper 1 dan paper 2 :

Ziyus, N.A., Setiawan, A., Dewi, B.S., Harianto, P.S., (2019) DISTRIBUSI MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS.

Jurnal Belantara [JBL] Vol. 2, No. 1 (35-42).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: