874 Nakes di Lampung Barat Jadi Peserta Imunisasi Hepatitis B

874 Nakes di Lampung Barat Jadi Peserta Imunisasi Hepatitis B

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 874 Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Lampung Barat, menjadi peserta pencanangan imunisasi hepatitis B, yang dilaksanakan oleh Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. 

874 Nakes ini berasal dari 15 Puskesmas di 15 kecamatan yang ada di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Lampung Barat Ira Permatasari, S.Farm, APT., mengatakan, launching telah dilaksanakan di Puskesmas Rawat Inap (PRI) Liwa, yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinkes Lampung Barat dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., dan jajaran, kemudian Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Iman Hendarman, M.Kes, Sp.A., dan sejumlah pejabat lainnya.

”Untuk pencanangan telah dilaksanakan di Puskesmas Liwa kemarin (Rabu 8 November 2023), dan selanjutnya pelaksanaan akan dilaksanakan di seluruh lainnya yang ada di Lampung Barat,” ungkap Ira Permatasari, Kamis (9 November 2023).

BACA JUGA:Satu Pendaftar Seleksi JPTP di Lampung Barat Tidak Memenuhi Syarat

Dijelaskan, untuk peserta ini tahap I terdata 874 orang Nakes dari 15 puskesmas, saat pencanangan 795 orang di skrining dan imunisasi. 

Khusus untuk di PRI Liwa, imunisasi diberikan kepada 69 orang dengan rincian Dokter Spesialis anak perwakilan dari RSUD Alimuddin Umar satu orang, Dokter umum dua orang, dokter Gigi satu orang, Bidan 36 orang, perawat 26 orang, Petugas Laboratorium tiga orang.

”Alhamdulillah, untuk pelaksanaan berjalan lancar, kemudian kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pendataaan Nakes di rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta,” ujarnya.

Dikatakan Ira, Tenaga medis dan tenaga kesehatan menjadi kelompok prioritas penerima imunisasi hepatitis B secara gratis karena kelompok tersebut sangat rentan terpapar hepatitis B. 

BACA JUGA:Stop Stunting, Pemerintah Pekon Mutar Alam Salurkan PMT Balita dan Ibu Hamil

”Imunisasi ini dilakukan secara nasional kepada tenaga kesehatan untuk menjaga mereka agar tidak sakit,” ujarnya.

”Pemberian Imunisasi Hepatitis B telah diberikan sejak lama, namun baru tahun ini mulai diberikan secara gratis terutama bagi tenaga kesehatan,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: