Bersumber dari DAK Fisik Bidang Jalan Tahun 2024, 3 Ruas Jalan di Lampung Barat akan Ditangani

Bersumber dari DAK Fisik Bidang Jalan Tahun 2024, 3 Ruas Jalan di Lampung Barat akan Ditangani

Kabid Bina Marga DPUPR Lampung Barat Robert Putra, ST, MT.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terus fokus untuk meningkatkan sarana infrastruktur jalan yang ada di kabupaten setempat. 

Bahkan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) telah jemput bola dengan mengusulkan anggaran ke pemerintah pusat.

Hasilnya untuk tahun 2024 mendatang, Kabupaten Lampung Barat akan menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Jalan-Reguler sebesar Rp15,876 miliar. 

“Dana alokasi khusus yang diterima Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 sebesar Rp15,876 miliar yang akan dialokasikan untuk peningkatan dan pemeliharaan tiga ruas jalan kabupaten,” ungkap Kabid Bina Marga Robert Putra, S.T, M.T mendampingi Kepala DPUPR Ir. Ansari, Selasa (7 November 2023).

BACA JUGA:Tahun 2024, Pemerintah Pusat akan Kucurkan DIF Rp14,535 Miliar untuk Lampung Barat

Dijelaskannya, DAK Fisik Bidang Jalan pada tahun 2024 mendatang akan dialokasikan untuk penanganan tiga ruas jalan kabupaten yaitu peningkatan konektivitas ruas jalan Sekincau-Waspada sepanjang 2 kilometer dengan alokasi anggaran Rp7,3 miliar.

Lalu DAK tematik penguatan destinasi pariwisata prioritas untuk peningkatan ruas jalan Lumbok-Heni Arong sepanjang 1,6 kilometer dan sisanya pemeliharaan dengan anggaran Rp6,1 miliar.  

Serta pemeliharaan berkala ruas jalan Lumbok-Sukabanjar sepanjang 600 meter dan sisanya pemeliharaan rutin dengan anggaran Rp1,6 miliar.  

“Mengingat anggaran terbatas sehingga penanganan ruas jalan di Lampung Barat dilakukan secara bertahap. Jumlah anggaran DAK Fisik Bidang Jalan tahun 2024 mengalami penurunan dibanding tahun ini yang angkanya mencapai Rp30 miliar lebih,” pungkas dia. 

BACA JUGA:Kebutuhan Surat Suara untuk Lampung Barat 227.983

Dilain pihak, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si mengungkapkan, jumlah DAK fisik bidang jalan yang akan diterima Kabupaten Lampung Barat tahun 2024 sebesar R15,876 miliar.

“Kalau tahun ini kita (Lampung Barat) menerima DAK Fisik Bidang Jalan sekitar Rp30 miliar lebih namun tahun depan hanya Rp15 miliar jadi ada pengurangan. Itu sesuai dengan pagu anggaran dari pemerintah pusat,” tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: