Harga Cabai di Sejumlah Pasar di Bandar Lampung Terus Naik

Harga Cabai di Sejumlah Pasar di Bandar Lampung Terus Naik

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perlu dilakukan langkah antisipasi atas kemungkinan kenaikan harga sembako menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Terutama pada harga beras medium yang masih menjadi komoditas yang terus diperhatikan sebab mengalami kenaikan dari beberapa bulan terahir.

Serta beberapa harga sembako yang harus diperhatikan seperti gula, cabai merah, cabai rawit dan bawang.

Seperti yang diketahui hal tersebut di jelaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung.

BACA JUGA:Polres Pesisir Barat Ringkus 6 Pelaku Pengeroyokan Hingga Tewas di Acara Organ Tunggal

Ia menerangkan, pada September 2023 kenaikan harga komoditas beras menjadi penyumbang inflasi bagi Lampung.

Dengan besaran inflasi Provinsi Lampung pada bulan lalu sebesar 2,7 persen. Sehingga pihaknya masih terus berusaha untuk menjaga stabilitas harga beras beserta komoditas lain di pasaran.

Ia menegaskan, akan terus dilakukan upaya stabilisasi harga beras di pasaran dan yang perlu diantisipasi adalah adanya musim kampanye menjelang Pemilu yang biasanya akan banyak membagikan paket sembako, dan ini bisa mengakibatkan kenaikan harga pada komoditas lainnya.

Dia melanjutkan selain itu perlu juga dilakukan langkah antisipasi, untuk pengendalian harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 yang berisiko akan meningkatkan harga komoditas.

BACA JUGA:Geger! Mayat Pria Ditemukan di Asrama Kampus UIN Lampung Dalam Keadaan Membusuk

“Sebentar lagi musim kampanye biasanya di musim ini mereka akan memberi paket sembako, ini yang perlu diantisipasi karena akan ada kenaikan harga. Lalu menjelang akhir tahun juga harus diantisipasi agar harga komoditas tidak naik, seperti beras medium saja sekarang harganya Rp13 ribu hingga Rp13.500 per kilogram, sehingga menjaga stabilitas harga menjadi perhatian khusus,”Ungkapnya.

Menurutnya, pengawasan dan pengendalian harga tersebut akan terus dilakukan salah satunya melalui operasi pasar, dan berbagai upaya pengendalian lainnya.

Diketahui berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional per Rabu 25 Oktober 2023 harga komoditas cenderung stabil.

Namun,terdapat lima komoditas yang mengalami kenaikan harga yakni gula pasir lokal naik Rp250 per kilogram sehingga menjadi Rp15.200 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: