Rumah Ketua KPK di Bekasi Digeledah, 4 Tetangga dan Ketua RT Diperiksa

Rumah Ketua KPK di Bekasi Digeledah, 4 Tetangga dan Ketua RT Diperiksa

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua RW, Irwan Irawan, menyebut 4 saksi di sekitar rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang berlokasi di Bekasi ikut diperiksa.

Dari informasi yang beredar, Ketua RW Iwan Irawan saat dihubungi menyebutkan, selain empat saksi yang ada di lingkungan Rumah Ketua KPK juga ketua RT setempat ikut diperiksa.

Kabarnya, penggeledahan tersebut diinformasikan langsung oleh ketua RT setempat Rony Napitupulu. Di halaman rumah Firli sendiri sudah banyak polisi.

BACA JUGA:Pencarian Bansos PKH dan BPNT Sampai Akhir Oktober 2023, akan Langsung Cair 2 Bulan

"Iya ada penggeledahan. Sudah banyak polisi," Singkat Rony saat dihubungi. Seperti yang dikutip dari detiknews pada 26 Oktober 2023.

Sementara, di wilayah Jakarta Selatan, sebuah rumah yang disebut-sebut terkait dengan Ketua KPK juga di sambangi polisi siang tadi. Mobil bertulisan 'Polda Metro Jaya' terparkir di halaman rumah tersebut.

Seperti yang diketahui, kasus pemerasan SYL tersebut diadukan ke Polda Metro Jaya pada 12 Agustus 2023. Pengaduan masyarakat di tuliskan terkait dugaan pemerasan pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementan Pertanian (Kementan) pada tahun 2021.

Pihak kepolisian selanjutnya melakukan serangkaian penyelidikan dengan melakukan klarifikasi juga pengumpulan alat bukti dalam kasus tersebut. Setelah dilakukan gelar perkara, hingga naik ke tahap penyidikan pada Jumat 6 Oktober 2023.

BACA JUGA:Berkunjung ke Lampung, Ganjar Pranowo Makan Bersama Sopir Angkot di Terminal Rajabasa

Setidaknya terdapat 3 dugaan kasus yang ditemukan seperti pemerasan, penerimaan gratifikasi, atau penerimaan hadiah terkait penanganan kasus di (Kementan).

Puluhan saksi sudah diperiksa sejak kasus dugaan pemerasan naik ke tahap penyidikan, termasuk mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kemudian deretanya ada Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar, ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta, Direktur Dumas KPK Tomi Murtomo, hingga saksi ahli mantan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang juga Mochammad Jasin.

Selanjutnya, Ketua KPK Firli Bahuri juga sudah diperiksa Polda Metro Jaya. Sedianya Firli diperiksa pada Jumat 20 Oktober 2023 pekan lalu. Namun yang bersangkutan absen dengan alasan perlu mempelajari materi pemeriksaan serta terdapat kegiatan lain, jadwal ketua KPK yang sudah diagendakan.

BACA JUGA:Kasus Google Meluas hingga Asia, Masa Depan Internet Berubah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: