Sejumlah Wilayah di Indonesia Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Lebat

Sejumlah Wilayah di Indonesia Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Lebat

Ilustrasi hujan lebat-pixabay.com@kalhh-

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sejumlah wilayah yang ada di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat, ini menurut peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Situs BMKG menyatakan, hujan lebat berpotensi akan terjadi pada beberapa wilayah yakni di Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat.

BMKG juga mengemukakan daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) kini terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Aceh, Lampung hingga Sumatera Barat, Perairan barat Bengkulu hingga Sumatera Utara, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara, dan dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat.

Kondisi tersebut, menurut BMKG, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan pada sepanjang daerah konvergensi tersebut.

BACA JUGA:Presiden Jokowi akan Meninjau Pembangunan Jalan di Lampung

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati telah menyampaikan prediksi musim kemarau akan segera berakhir di beberapa besar wilayah Indonesia mulai dari akhir Oktober ini, dan masuk awal musim hujan secara bertahap mulai pada bulan November awal 2023.

Tetapi akibat tingginya keragaman iklim, maka awal musim hujan ini tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah di Indonesia. Sementara puncak hujan akan diprediksi terjadi pada bula Januari-Februari 2024.

Untuk awal musim hujan sendiri, kata dia, ini berkaitan erat dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia.

Untuk saat ini, monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia sehingga diprediksi bulan November akan mulai turn hujan.

BACA JUGA:Penasaran Apakah Pinjaman KUR Masih Ada? Simak Penjelasan Berikut

"Artinya pengaruh dari El Nino ini akan mulai berkurang oleh masuknya musim hujan yang diharapkan kemarau kering ini akan segera berakhir secara bertahap," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: