Pasca Putus Dihantam Banjir, Jembatan Pagar Dewa - Sukamulya akan Dibangun Tahun Depan

Pasca Putus Dihantam Banjir, Jembatan Pagar Dewa - Sukamulya akan Dibangun Tahun Depan

Jembatan penghubung Pekon Pagardewa - Sukamulya yang putus dihantam banjir pada November 2022 silam--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDJembatan Way Rekuk yang menjadi akses utama penghubung Pekon Pagar Dewa dengan Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat telah menjadi skala prioritas yang akan dibangun Dinas PUPR setempat pada tahun 2024 mendatang.

Dalam perencanaan, Pemkab Lambar akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp2 Miliar lebih untuk membangun jembatan permanen berupa beton berkerangka baja tersebut.

Kepala dinas PUPR Lambar Ir Ansari melalui Kabid Bina Marga Robert Putra S.T, M.T., mengatakan pembangunan jembatan tersebut telah masuk sebagai salah satu prioritas pembangunan infrastruktur bersumber APBD tahun 2024 mendatang.

“Ya sudah masuk prioritas dengan rencana anggaran sekitar Rp2,3 Miliar untuk pembangunan jembatan beton. Diprioritaskannya pembangunan jembatan itu tahun depan karena itu menjadi satu-satunya akses utama masyarakat Pekon Sukamulya. Sementara ini mereka masih mengandalkan jembatan gantung,” kata Robert.

BACA JUGA:Perpisahan Siswa PKL, Camat Nowo: Kita Berpisah Untuk Bertemu Lagi

Sehingga, sementara pihaknya berharap masyarakat agar dapat bersabar di tengah keterbatasan mobilitas saat ini, karena mengingat jembatan gantung itu hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Jembatan gantung itu kan sifatnya masih sementara, jadi batu sepeda motor yang bisa lewat. Mudah-mudahan tahun depan ini secepatnya bisa terealisasi sehingga mobilitas kendaraan terutama mobil bisa masuk kembali,” tutupnya. 

Seperti diketahui, hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu malam hingga dini hari Minggu (12-13 November 2022) silam di sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat mengakibatkan bencana banjir hingga longsor di Kecamatan Sukau.

Kerusakan parah yang ditimbulkan salah satunya terjadi pada akses Jembatan menuju Pekon Sukamulya, Kecamatan Sukau, yang putus akibat banjir pada dini sekitar pukul 04:00 WIB. 

BACA JUGA:Pelaksanaan UTS-STS Dijalankan Penuh Semangat Siswa SDN 1 Sukaraja

Kondisi itu mengakibatkan mobilitas ratusan warga di Pekon Sukamulya terhambat.

Untuk membantu kelancaran transportasi barang dan orang, sebelumnya BPBD Lampung Barat bersama Vertical Rescue Indonesia (VRI) melakukan Pembangunan jembatan gantung yang dimanfaatkan oleh masyarakat hingga saat ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: