Diskan Kubur Lumba-Lumba yang Mati di Pantai Walur

Diskan Kubur Lumba-Lumba yang Mati di Pantai Walur

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Satu ekor Lumba-Lumba ditemukan mati di pinggir pantai Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Senin (16 Oktober 2023) kemarin dan langsung di kubur di pinggir pantai oleh tim Dinas Perikanan Kabupaten Pesbar.

Kadis Perikanan Pesbar, Armen Qodar, S.P., mengaku pihaknya menerima laporan dari masyarakat terkait ada bangkai lumba-lumba di pinggir pantai di Pekon Walur.

“Berdasarkan peninjauan yang dilakukan, hewan mamalia laut itu sudah mati sejak Minggu (15 Oktober 2023) dan baru kita ketahui pada hari Senin, kemarin. Sehingga langsung dievakuasi oleh petugas,” kata dia.

Dijelaskannya, hewan mamalia laut yang ditemukan memiliki bobot sekitar 200 kilogram dengan panjang 240 centimeter, dengan jenis kelamin jantan, tidak diketahui usianya itu merupakan jenis lumba-lumba hidung botol.

BACA JUGA:Polsek Pesisir Tengah Maksimal Razia Miras

“Hewan mamalia laut yang mati itu  dalam kondisi terdampar di pinggir pantai, ukurannya cukup besar bahkan lima orang dewasa tidak kuat untuk mengangkatnya saat dievakuasi, sehingga harus diseret untuk dikubur,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya tidak mengetahui penyebab kematian lumba-lumba tersebut, karena saat dilakukan evakuasi kondisinya sudah mulai membusuk, hasil pemeriksaan juga tidak ada bekas jaring nelayan.

“Dugaan kami matinya mamalia laut yang dilindungi tersebut karena terpisah dari rombongan, apalagi kondisi gelombang sekarang sedang besar dan tidak bersahabat,” terangnya.

Pihaknya mengimbau, kepada masyarakat di sepanjang pesisir pantai di Kabupaten Pesbar jika menemukan hewan laut yang dilindungi, seperti lumba-lumba, hiu paus tutul, penyu dan hewan laut lainnya agar melapor ke Dinas Perikanan.

BACA JUGA:Pengumuman! Ini Hasil Seleksi Administrasi PPPK 2023 Pesisir Barat

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah melaporkan penemuan lumba-lumba itu, sehingga tidak disalahgunakan dan bia dikuburkan,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: