Api yang Membakar Sampah di Bakung TBB Belum Berhasil Dipadamkan

Api yang Membakar Sampah di Bakung TBB Belum Berhasil Dipadamkan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Api melahap Tempat Pembuangan Sampah (TPA) yang berlokasikan di Bakung Kecamatan Teluk Betung Barat (TBB) Bandar Lampung. Hingga kini petuga pemadam kebakaran terus berupaya menghentikan api yang menimbulkan kepulan asap.

Api membakar tumpukan sampah di tempat tersebut, terjadi sejak Jumat 13 Oktober 2023 sore hingga kini, Minggu 15 Oktober 2023 belum dapat sepenuhnya padam.

Diketahui sejak awal TPA bakung tersebut dapat terbakar. Dikabarkan kebakaran terjadi pada Jumat 13 Oktober 2023 sore.

Menurut keterangan warga setempat Febi usia 40 tahun mengatakan api di ketahui mulai membesar sekitar pukul 17.40 WIB.

BACA JUGA:Dilanda Kemarau, 10 Hektare Tanaman Jagung di Lumbok Seminung Gagal Panen

"Kemarin itu saya tahu api sudah mulai membesar kira-kira sebelum Maghrib, ketahuan karena banyak warga teriak kebakaran," Ujarnya.

Berdasarkan informasi di lokasi pada Jumat 13 Oktober 2023, api terus membesar membakar tumpukan sampah. Tim dari petugas pemadam kebakaran (damkar) sedang berusaha untuk memadamkan api supaya tidak menyebar.

Namun karena kondisi panas dan tiupan angin yang begitu kencang menyebabkan api cepat membakar tumpukan sampah di lokasi tersebut. Petugas pemadam juga sempat menghentikan pemadaman disebabkan kehabisan stok air.

Terjadinya kebakaran sejak Jumat 13 Oktober 2023 sore hingga Sabtu 14 sabtu 2023 siang kondisi api belum juga padam. Petugas pemadam menyebut karena banyaknya titik api yang mudah menyebar sehingga membuatnya sulit untuk dipadamkan

BACA JUGA:Akibat Kemarau dan Perbaikan Irigasi, Ratusan Hektar Sawah di Kebun Tebu Tak Bisa Ditanami

Diketahui, proses pemadaman dilakukan Tim gabungan dari Petugas Dinas Pemadam Kebakaran serta Penyelamatan Kota Bandar dibantu warga sekitar agar api dapat segera dapat dipadamkan

Proses tersebut lambat, petugas menyebut karena banyak titik api yang membuat proses pemadaman berjalan lambat. Dua ekskavator guna untuk pengerukan sampah agar dapat memadamkan bara api yang berada di lokasi pun rusak.

Berdasarkan informasi dari sumber lain, Kabid Sarpras Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung, Heliansyah menyebut, Kendalanya itu, banyak titik api yang membakar di permukaan tumpukan sampah, serta yang tak dapat terjangkau karena tidak terlihat membakar di bagian dalam sampah tersebut. pada Sabtu 14 Oktober 2023.

Ia menambahkan, dirinya mengaku kesulitan dalam memadamkan selain dari kencangnya tiupan angin juga disebabkan oleh kepulan asap yang mengganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: