Tiga Sekolah di Lampung Barat akan Terima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

Tiga Sekolah di Lampung Barat akan Terima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional

Kepala DLH Lampung Barat Muhammad Henry Faisal, SH, MH.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tiga sekolah di Kabupaten Lampung Barat yaitu MAN 1 Lampung Barat, MTsN 1 Lampung Barat dan MIN 1 Lampung Barat akan menerima penghargaan sekolah adiwiyata tingkat nasional tahun 2023.

Penghargaan bergengsi tingkat nasional tersebut akan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Riset dan Teknologi pada Selasa (17 Oktober 2023)  di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti  Jl. Gatot Subroto, Kota Jakarta Pusat.

BACA JUGA:Lubang Raksasa Muncul di Lapisan Ozon Antartika, Apa Bahayanya?

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) M Henry Faisal, S.H, M.H mengungkapkan, proses penilaian calon sekolah adiwiyata mandiri (CSAM) dan calon sekolah adiwiyata nasional (CSAN) tahun 2023 telah selesai dilaksanakan dan berdasarkan hasil penilaian telah ditetapkan 417 sekolah adiwiyata nasional dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SK.1061/MENLHK/P2SDM/SDM.2/10/2023 dan 134 Sekolah Adiwiyata Mandiri dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SK.1062/MENLHK/P2SDM/SDM.2/10/2023.

“Alhamdulilah tiga sekolah dari empat sekolah yang telah kita usulkan akan mendapatkan penghargaan adiwiyata tingkat nasional tahun 2023 dan penghargaan tersebut akan diterima pada Selasa 17 Oktober mendatang di Jakarta,” ungkap Henry, Rabu (11 Oktober 2023).

BACA JUGA:Lampung Barat Dapat Tambahan 14 PLKB dari BKKBN Pusat

Dikatakannya, awalnya ada empat sekolah yang diusulkan ke Kementerian LHK untuk mendapatkan penghargaan adiwiyata tingkat nasional yaitu SDN 1 Sukapura Kecamatan Sumberjaya, MIN 1 Lampung Barat, MTsN 1 Lampung Barat dan MAN 1 Lampung Barat  namun yang berhak menerima penghargaan hanya tiga sekolah yaitu  MIN 1 Lampung Barat, MTsN 1 Lampung Barat dan MAN 1 Lampung Barat. 

“Melalui akun Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian LHK sudah kita pertanyakan berkenaan tidak masuknya salah satu sekolah yang kita usulkan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional, informasi sementara nanti Kementerian LHK akan mengirimkan hasil evaluasinya secara resmi,” kata dia.

BACA JUGA:DPRD Bersama DPUPR Lampung Barat Pantau Langsung Pembongkaran Paving Block GSG Bung Karno

“Hasil evaluasi yang nantinya dikirimkan oleh Kementerian LHK akan menjadi bahan evaluasi untuk pembinaan dan pengusulan sekolah Adiwiyata Nasional di tahun-tahun selanjutnya,” sambungnya.

Dengan akan diterimanya penghargaan adiwiyata tingkat nasional tersebut, kata Henry, atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Barat ia menyampaikan selamat atas penghargaan Adiwiyata Nasional yang akan diterima MIN 1 Lampung Barat, MTsN 1 Lampung Barat dan MAN 1 Lampung Barat tahun 2023.

BACA JUGA:5 Aplikasi Penerjemah Bahasa Inggris-Indonesia Terbaik

“Selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup bersama instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama Lampung Barat akan melakukan evaluasi dan peningkatan pembinaan dan pendampingan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (Adiwiyata) di semua tingkatan, sehingga kedepannya akan semakin banyak sekolah-sekolah di Lampung Barat yang menyandang predikat sebagai sekolah adiwiyata kabupaten, provinsi, nasional dan mandiri bahkan juga sebagai eco-asean school,” pungkas dia.

Sekadar diketahui, Sekolah Adiwiyata Nasional adalah sekolah yang telah mendapatkan predikat Adiwiyata Kabupaten dan Provinsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: