Gubernur Arinal Panen Raya Padi di Lampung Tengah

Gubernur Arinal Panen Raya Padi di Lampung Tengah

--

BACA JUGA:Proyek Strategis Nasional di Tanggamus Diberhentikan, Ini Kata Sekdaprov Fahrizal

"Program tersebut merupakan salah satu program dalam rangka mempertahankan/meningkatkan produksi padi dari dampak El-Nino yang diperkirakan akan berlanjut sampai dengan bulan Februari 2024," ucap Gubernur. 

Gubernur juga menjelaskan bahwa dalam menghadapi iklim ekstrim kekeringan (El-Nino), Pemerintah Provinsi Lampung melakukan berbagai upaya antisipasi, yaitu :

1. Penyebaran informasi prakiraan iklim dan kewaspadaan terhadap bencana alam.

2. Penyaluran sarana pengendalian OPT dan pengadaan pompa air kepada kelompok tani dan wilayah yang membutuhkan.

BACA JUGA:Peringati Hari Rabies, Disnakkeswan Lampung Turut Partisipasi Vaksin Rabies Catwalk Cat & Dog Show

3. Melakukan percepatan tanam dan memaksimalkan capaian target tanam dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumur pompa, sumur suntik, embung.

4. Meningkatkan jumlah petani yang tergabung dalam program KPB, saat ini jumlah petani tergabung KPB sebanyak 678.281 orang, untuk Kabupaten Lampung Tengah 175.779. orang dan meningkatkan keikutsertaan AUTP khususnya pada wilayah rentan mengalami kekeringan, program AUTP tahun 2023 seluas 1.951 Ha.

5. Melakukan koordinasi dengan Dinas/ Instansi lain yang terkait pengairan untuk perbaikan drainase, optimalisasi infrastruktur dan penyiapan pompa air.

6. Pengembangan cadangan pangan sampai tingkat desa serta memantau ketersediaan pangan dan harga setempat.

BACA JUGA:Pemprov Lampung akan Luncurkan Program Warung Sehat

Cadangan pangan daerah sampai dengan September 2023, sebanyak 576.683 Ton, kontribusi Kabupaten Lampung Tengah sejumlah 44.214 Ton.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Lampung Tengah, beserta jajaran pertanian yang sudah banyak berkontribusi membangun pertanian di Provinsi Lampung, dan terus berupaya membantu petani agar lebih aktif dalam mengembangkan pertanian, sebagai strategi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani," tutupnya.

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung di Kabupaten Lampung Tengah.

Musa Ahmad juga menyampaikan bahwa dalam kondisi iklim yang mulai kering dan ketersediaan air yang kurang, petani Lampung Tengah tetap semangat melakukan percepatan tanam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: