Peringati Hari Rabies, Disnakkeswan Lampung Turut Partisipasi Vaksin Rabies Catwalk Cat & Dog Show

Peringati Hari Rabies, Disnakkeswan Lampung Turut Partisipasi Vaksin Rabies Catwalk Cat & Dog Show

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dalam rangka memperingati hari Rabies Sedunia (World Rabies Day/ WRD) dan sebagai bagian dari langkah menuju Indonesia Bebas Rabies 2030, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung turut mendukung serta ikut berpartisipasi dalam acara Vaksinasi Rabies dan Catwalk Cat & Dog Show di Taman Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bandar Lampung, Sabtu 30 September 2023. 

Turut hadir Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Ir. Lili Mawarti, M.Si, Kepala Karantina Lampung, drh. Donni Muksydayan Saragih, M.Si., Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) wilayah Lampung, drh. Nanang Purus Subendro, M.Si, Kepala Balai Veteriner Lampung, drh. Hasan Abdullah Sanyata, dan juga Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan, SP, MA yang turut hadir dan membuka acara.

Acara diselenggarakan oleh Badan Karantina Indonesia dengan di dukung oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, dan PDHI Wilayah Lampung.

Dalam acara dilakukan vaksinasi Rabies Gratis, Catwalk cat and dog show, serta demo anjing pelacak satwa liar.

BACA JUGA:Gubernur Lampung Dorong Majukan Desa Lewat Ide Kreatif Menuju Desa Maju Berjaya

Seperti diketahui World Rabies Day diperingati setiap tanggal 28 September.

Ini menjadi alarm peringatan seluruh insan kesehatan hewan akan pentingnya pengendalian serta pemberantasan Rabies di Indonesia dan dunia.

Hal ini mengingat ancaman kematian yang hampir 100 persen pada hewan dan manusia yang terinfeksi Rabies.

"Pada Tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi Lampung mendistribusikan Vaksin Rabies sebanyak 8.800 dosis ke 15 Kabupaten/Kota dan telah melakukan vaksinasi dari bulan Agustus hingga September 2023 ini," kata Lili.

BACA JUGA:Sekdaprov Lampung Sampaikan Pesan Menteri ATR/BPN untuk Bangun Sinergi Songsong Indonesia Emas 2045

Untuk Acara Puncak WRD tahun 2023 ini akan di peringati secara serentak pada tanggal 7 Oktober 2023 dengan melakukan vaksinasi masal dan bersamaan se-Indonesia. 

Khusus di Provinsi Lampung di laksanakan di 15 titit yaitu pada Puskeswan dan UPTD Balai Pelayanan Keswan, Kesmavet dan laboratorium Pakan dengan jumlah vaskinasi serentak sebanyak 1.700 dosis.

Adapun kegiatan WRD tahun ini mengusung tema All for One, 1 Health for All. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: