Bawaslu-Pemkab Pesisir Barat Gelar Deklarasi Netralitas ASN

Bawaslu-Pemkab Pesisir Barat Gelar Deklarasi Netralitas ASN

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Sebagai upaya untuk menciptakan Pemilu 2024 yang berintegritas dan bermartabat, serta mencegah terjadinya pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) bekerjasama dengan Pemkab setempat, melaksanakan apel siaga Bawaslu dan deklarasi netralitas ASN pada Pemilu 2024, Senin (9 Oktober 2023).

Apel siaga bawaslu dan deklarasi netralitas ASN dalam pemilu 2024 itu dipusatkan di lapangan komplek perkantoran Pemkab Pesbar, dihadiri Bupati Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Ketua DPRD Pesbar, Agus Cik, S.Pd., Plt. Sekkab Pesbar, Drs.Jon Edwar, M.Pd., Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Ahmad Qohar, S.Sos., Ketua Bawaslu Pesbar, Abd. Kodrat S, S.H, M.H., beserta anggota. 

Selain itu, hadir juga perwakilan KPU Pesbar, unsur Forkopimda, jajaran PNS di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pesbar, serta pihak terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Ahmad Qohar mengatakan deklarasi yang dilaksanakan sebagai wujud netralitas ASN menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 itu sangat penting. 

BACA JUGA:Disdikbud Lampung Barat Gelar Pelatihan Guru dan Siswa SD Melalui Metode GASING

Mengingat, ada tiga isu yang cukup menjadi perhatian Bawaslu Provinsi Lampung dalam upaya menciptakan Pemilu yang berintegritas dan bermartabat tersebut.

“Ada tiga isu antara lain, politik uang. Dimana berdasarkan survei Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), dalam hal isu politik uang Provinsi Lampung berada di urutan nomor dua dari 38 Provinsi se-Indonesia,” katanya.

Sedangkan, kata dia, isu yang kedua yakni netralitas ASN, dalam hal netralitas ASN, Provinsi Lampung berada di urutan nomor 10. 

Karena itu, dengan digelarnya deklarasi ini diharapkan menjadi momentum bagi semua pihak untuk mensukseskan kelangsungan Pemilu 2024. Sementara itu, isu yang ketiga yakni politisasi SARA, ujaran kebencian dan hoax.

BACA JUGA:Pendamping PKH dan Komunitas Peduli Sesama Serahkan Hasil Donasi untuk Korban Kebakaran Way Empulau Ulu

“Isu tersebut tentu sangat rentan terjadi dilingkungan masyarakat melalui berbagai media sosial serta memiliki dampak besar merusak sendi-sendi demokrasi dan memecah belah persatuan masyarakat,” jelasnya.

Bupati Pesbar, Agus Istiqlal, mengucapkan selamat datang kepada jajaran Bawaslu Provinsi Lampung dan juga Bawaslu Kabupaten Pesbar ini yang telah menyaksikan apel sekaligus melaksanakan deklarasi netralitas ASN dilingkungan Pemkab Pesbar ini. 

Dalam pelaksanaan Pemilu 2024 tentu Pemkab Pesbar berharap dapat terlaksana dengan aman dan kondusif.

“Dalam kegiatan ini diharapkan agar semua ASN dilingkungan Pemkab Pesbar ini dapat menjaga netralitasnya sebagai ASN pada Pemilu 2024 mendatang,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: