Disdikbud Lampung Barat Gelar Pelatihan Guru dan Siswa SD Melalui Metode GASING

Disdikbud Lampung Barat Gelar Pelatihan Guru dan Siswa SD Melalui Metode GASING

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung barat, menggelar pelatihan guru dan siswa sekolah dasar melalui metode GASING (Gampang Asik dan Menyenangkan). 

Pembukaan pelatihan di Lamban Pancasila Komplek Perkantoran Pemkab Lampung Barat, yang dibuka oleh Staff Ahli Bupati Ir. Sugeng Raharjo, MP., Senin (19 Oktober 2023) tersebut dihadiri oleh Kepala Disdikbud Lampung Barat Bulki, S.Pd, MM., seluruh kepala sekolah SD wilayah Sukau, Balik Bukit dan Batu Brak.

Sementara untuk peserta pelatihan 96 orang yang terbagi Siswa berjumlah 64 orang dan guru 32 orang, yang selanjutnya proses kegiatan berlangsung selama 15 hari kerja dan akan dilaksanakan di SKB Lampung Barat.

Dalam sambutannya Sugeng Raharjo mengungkapkan, Sesuai dengan surat edaran Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 400.1.7/2097/SJ tentang Percepatan Capaian Pendidikan Numerasi Sekolah Dasar di Daerah. 

BACA JUGA:Inspektorat Lampung Barat Lakukan Monev APBP di Kecamatan Air Hitam

Bahwa dalam rangka mendukung percepatan capaian target numerasi Sekolah Dasar di Daerah sebagaimana undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan kebijakan RPJMN Tahun 2020 sampai 2024 yaitu persentase siswa di atas batas kompetensi minimal numerasi dan persentase siswa di atas batas kompetensi minimal dalam membaca matematika dan sains serta pemenuhan standar pelayanan minimal bidang Pendidikan melalui peraturan menteri pendidikan.

”Atas tersebut Pemkab Lampung Barat telah melaksanakan Kesepakatan bersama dengan teknologi Indonesia Jaya pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2023 di Jakarta,” ungkap Sugeng.

Dijelaskan, metode GASING atau gampang asik dan menyenangkan adalah program pembelajaran yang dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D untuk meningkatkan kemampuan numerasi, keterampilan berpikir tingkat tinggi, sikap komunikasi dan sikap kolaborasi, dalam 15 tahun terakhir.

”Metode GASING telah diterapkan di berbagai daerah dan merupakan pembekalan siswa-siswa Indonesia untuk dapat bertanding pada Olimpiade sehingga sehingga siswa-siswi dapat dengan mudah untuk belajar konsep-konsep yang lebih tinggi,” ujarnya.

BACA JUGA:Selidiki Dugaan Keterlibatan Oknum Camat Main Proyek, Nukman Perintahkan APIP Lakukan Pemeriksaan

Penguasaan numerasi khususnya pandai berhitung dengan metode GASING menjadi kunci kesuksesan Prof. Yohannes Surya, Ph.D., sehingga dapat mengharumkan nama bangsa melalui berbagai kejuaraan Olimpiade Tingkat Internasional dan Dunia.

”Saya berharap kepada peserta agar mengikuti ini dengan sungguh sungguh dan sebaiknya karena akan mengimbaskan ke sekolah sekolah lain yang ada di Lampung Barat,” pungkasnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: