Wacana Pemekaran Wilayah di Lampung Masih Tertunda, Ini Respon Biro Pemerintahan dan Otda

Wacana Pemekaran Wilayah di Lampung Masih Tertunda, Ini Respon Biro Pemerintahan dan Otda

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Lampung, Binarti Bintang lewat Koordinator Substansi Otda Siti Siahaan pada Selasa 29 Agustus 2023, menjelaskan bahwa terdapat 15 kabupaten/kota di provinsi ini.

Sementara moratorium pemekaran wilayah atau daerah otonom baru (DOB) di Indonesia hingga kini masih berlaku.

Siti menyampaikan, moratorium pemekaran wilayah masih berlaku dan belum ada tanda-tanda pemerintah pusat akan mencabut moratorium pemekaran wilayah tersebut.

BACA JUGA:Dari Pembakaran Sampah, Kebun Kopi di Tegajul Dilalap Si Jago Merah

Ia mengaku pihaknya juga tidak mengetahui kapan moratorium pemekaran wilayah itu akan dibuka kembali. Pernyataan tersebut menanggapi adanya wacana pemekaran wilayah di Provinsi Lampung yang tertunda. Adapun moratorium tersebut mulai berlaku pada 2019 lalu.

Padahal dua wilayah rencana pemekaran, yakni Kabupaten Seputih Timur dan Seputih Bara keduanya berinduk pada Kabupaten Lampung Tengah. Sudah diusulkan sejak 2015 kepada Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Detailnya, Kabupaten Seputih Timur meliputi Kecamatan Bumi Nabung (ibu kota), Seputih Surabaya, dan Bandar Surabaya.Seputih Banyak, Bandar Mataram, Way Seputih, Rumbia, Putra Rumbia,

Sementara Kabupaten Seputih Barat.

BACA JUGA:SDN 1 Sukapura Akan Jadi Lokasi Pembagian Seragam Sekolah Gratis oleh Pj Bupati Lambar

Meliputi Kecamatan Padang Ratu (ibu kota), Anak Tuha, Sendang Agung, Anak Ratu Aji, Bangun Rejo, Kalirejo, Pubian, dan Selagai Lingga.

Selain dua daerah yang proses usulannya yang mandek itu, belakangan muncul juga wacana adanya pemekaran wilayah kabupaten baru di Provinsi Lampung.

Akan tetapi, wacana tersebut belum masuk pada proses usulan karena moratorium pemekaran wilayah tersebut.

Wacana yang digunakan yakni Kabupaten Lampung Tenggara, Kabupaten Natar Agung (Kabupaten Bandar Lampung), Kabupaten Sungkai Bunga Mayang, Tulang Bawang Timur, dan Way Kanan Ilir.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Polres Pesisir Barat Cooling System Daerah Terpencil

Lampung Tenggara Viral di Medsos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: