Melalui MOU dan PKS, GRANAT, Pemkab Way Kanan, BNN Lampung dan UNILA Percepat P4GN Pertama di Indonesia

Melalui MOU dan PKS, GRANAT, Pemkab Way Kanan, BNN Lampung dan UNILA Percepat P4GN Pertama di Indonesia

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seperti Visi GRANAT, Indonesia bebas Narkoba dengan cara membantu segala upaya pemerintah serta lembaga terkait dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dengan membuat Nota Kesepahaman Bersama (MOU) antara GRANAT Provinsi Lampung dengan Badan Narkotika (BNN) Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Universitas Lampung (UNILA).

Tidak hanya itu, dilakukan juga Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Dinas Pendidikan Kabupaten Way Kanan dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNILA, DPC GRANAT Kabupaten Way Kanan, dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD GRANAT Provinsi Lampung, H. Tony Eka Candra saat dilaksanakannya penandatanganan MOU dan PKS di Novotel Bandar Lampung, Rabu (4 Oktober 2023).

Hadir dalam acara tersebut, Dewan Pembina DPP GRANAT Komjen Pol. (P) Drs. Togar M. Sianipar, M.Si, Ketua Umum DPP GRANAT Prof. Dr. H. KRH. Henry Yosodiningrat, SH.,MH, Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., ASEAN., Eng, yang didampingi Warek II Unila, Kepala BNN Provinsi Lampung Brigjen Pol. Budi Wibowo, S.H, S.I.K, M.H, Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung Kombes Pol Erlin Tang Jaya, S.H.,S.I.K, Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNILA Prof. Dr. Sunyono, M.Si, Dekan Fakultas Teknik Malahayati Ir. Yan Juansyah, DEA, Kadis Pendidikan Kabupaten Way Kanan Machiavelli HT, S.STP., M.Si, Ketua Harian DPC GRANAT Way Kanan Dr. Arie Anthony Thamrin, S.STP.,M.IP, Dewan Pembina, Dewan Penasehat dan Dewan Pakar DPD GRANAT Provinsi Lampung, Sekretaris DPD GRANAT Provinsi Lampung Agus Bhakti Nugroho, SH.,MH, serta Para Pengurus DPD GRANAT Provinsi Lampung. 

BACA JUGA:122 KPM Pekon Pasar Terima Bantuan Beras CPP Tiga Bulan Langsung

Dalam sambutannya, Ketua DPD GRANAT Provinsi Lampung H. Tony Eka Candra menyampaikan program itu merupakan bagian dari penguatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) melalui percepatan P4GN, Kerjasama Rumah Edukasi Anti Narkoba, dan Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Anti Narkoba di Satuan Pendidikan Kabupaten Way Kanan. 

Tony Eka Candra mengatakan dengan adanya berbagai pihak yang mendukung program GRANAT itu membangkitkan seluruh jajaran Pengurus dan Relawan sampai tingkat Desa/Kelurahan untuk lebih kuat lagi dalam melakukan upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. 

“Baru hari ini ada kerjasama yang melibatkan banyak pihak yang disinkronkan menjadi satu. Semoga ini menjadi amal jariah bagi kita semua seperti halnya yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW agar kita dapat bermanfaat bagi orang banyak, Khoirunnas Anfauhum Linnas, yakni ‘sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain’,” ujar H. Tony Eka Candra yang juga Ketua PD VIII KB FKPPI Provinsi Lampung. 

Lanjut dia, masih maraknya penggunaan narkoba di Indonesia tidak lain karena kurangnya pemahaman tentang bahaya dari penyalahgunaan narkoba itu sendiri, ditambah dengan kurangnya kepedulian masyarakat, dan terkadang aspek penegakan hukumnya pun masih lemah. 

BACA JUGA:BPN Pesisir Barat Lantik Tujuh Camat Jadi PPATS

"Untuk itu, diperlukan inovasi dan metode yang masif terpadu dan berkesinambungan dalam rangka percepatan Pencegahan Pemberantasan, penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) melalui program pendidikan yang telah ditandatangani bersama hari ini,” terangnya.  

DPD GRANAT Provinsi Lampung mengucapkan terimakaih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam program tersebut. 

“Kami ucapkan terimakasih kepada Bupati Way Kanan karena telah mensuport GRANAT, dengan semangat bersama kita akan jadikan program ini sebagai contoh nasional karena ini yang pertama di Indonesia. Tidak lupa, ucapan yang sama kami sampaikan kepada Kepala BNN Provinsi Lampung, Rektor UNILA, Dekan FKIP Unila, Dinas Pendidikan Kabupaten Way Kanan, DPC GRANAT Kabupaten Way Kanan, serta Dewan Pembina DPP GRANAT, Ketua Umum DPP GRANAT dan Direktur Reserse Narkoba Polda Lampung yang juga turut andil dalam mensukseskan kegiatan ini,” pungkas pemegang Sabuk Hitam (DAN VI) Karateka ini.

Ditempat yang sama, Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya menyampaikan salam hormat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam program ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: