BPN Pesisir Barat Lantik Tujuh Camat Jadi PPATS

BPN Pesisir Barat Lantik Tujuh Camat Jadi PPATS

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melantik Tujuh Camat sebagai pejabat pembuat akta tanah sementara (PPATS), kegiatan itu dipusatkan di ruang rapat Sekda, Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesbar, Kamis 5 Oktober 2023.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Kepala BPN Pesbar, Nanang Setiawan, S.SiT, M.T., tujuh camat yang dilantik dan sejumlah perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD).

Ketujuh orang camat yang dilantik itu antara lain, Camat Karya Penggawa, Wike Wijayanti, S.St., Camat Pesisir Selatan Mirton Setiawan, S.Pd., Camat Pesisir Tengah, Tri Heri Purwanto, S.H., Camat Ngaras Pathul Ilmi., Camat Pesisir Utara Hamidi., Camat Krui Selatan Ahmad Firsada Indah dan Camat Way Krui Suwarti.

Dalam sambutannya, Nanang Setiawan., mengatakan tugas pokok dan fungsi  PPATS adalah perwakilan dari pemerintah yang menguasai suatu wilayah yakni di wilayah kerja Kabupaten Pesisir Barat untuk membantu dalam proses pembuatan akta tanah saat proses jual beli.

BACA JUGA:HUT TNI Ke-78, Polres Pesbar Gerebek Makoramil Pesisir Tengah

“Saya berharap keberadaan PPATS yang baru dilantik ini bisa membantu pelayanan pertanahan di Pesisir Barat dan dapat membantu pelayanan pertanahan di wilayahnya masing-masing,” kata dia.

Dijelaskannya, Keberadaan PPATS juga haru memberikan kemudahan di bidang pelayanan pertanahan bagi masyarakat. 

Karena memang, prosesnya sejauh ini memakan waktu dan biaya cukup mahal.

“Keberadaan PPATS diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat, serta memastikan dokumen yang diterima dari peratin benar-benar berkas yang sesuai jujur datanya dan tidak ada kebohongan,” jelasnya.

BACA JUGA:Penyaluran Bansos BPNT Periode Juli-Agustus Masih Berlangsung

Ditambahkannya, pihaknya menginstruksikan para pejabat yang dilantik untuk mensosialisasikan bahwa memproses pembuatan akta tanah mudah. 

Ia juga mengingatkan kepada PPATS  untuk dapat menjalankan tupoksinya dengan baik.

“Tolong jaga profesi dengan baik. Sebab, kini sedang viral mafia tanah, apalagi, sudah ada contohnya ada beberapa PPATS yang menjadi korban,” terangnya.

Menurutnya, saat ini baru tujuh kecamatan yang dilantik, kedepan diharapkan seluruh camat di Pesisir Barat dapat dilantik menjadi PPATS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: