Kementerian Kominfo dan PT. Telkomsel Survei Lokasi Pembangunan BTS

Kementerian Kominfo dan PT. Telkomsel Survei Lokasi Pembangunan BTS

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melakukan survey lokasi rencana pembangunan Base Transceiver Station (BTS) di wilayah perbatasan Pekon Sukabumi dengan Pekon Tebaliokh, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat.

Peratin Tebaliokh, Iwan Susanto mengatakan kedatangan pihak Kemkominfo dan Telkomsel itu menjadi angin segar bagi masyarakat khususnya di Pekon Tebaliokh yang telah lama menantikan kestabilan jaringan telepon seluler dan internet di wilayah itu.

“Iya Alhamdulillah sudah di survei, ada beberapa titik koordinat yang di cek, tapi dari hasil survei lokasi strategis pembangunan tower itu berada di wilayah Agungraya Pekon Sukabumi. Menurut kami lokasi itu memang pas karena berada di daerah dataran tinggi sehingga nanti bisa menjangkau masyarakat secara luas,” ujarnya.

Dengan telah dilakukan survei itu pihaknya berharap Kementerian Kominfo dan PT. Telkomsel dapat menindaklanjuti dengan segera merealisasikan pembangunan tower BTS tersebut.

BACA JUGA:Soal Proyek Rp499 Juta di Way Tenong Diduga Bermasalah, DPRD Bakal Panggil DPUPR

“Ya harapan tentunya tower BTS ini segera dibangun supaya persoalan sulitnya jaringan internet di wilayah ini dapat teratasi,” harapnya.

Sementara itu, sebelumnya Kabid Aplikasi dan Informatika pada Dinas Kominfo Lampung Barat Iskandar, S.I.P, M.TI., mengungkapkan, berdasarkan surat yang diterima pihaknya, tim dari Kementerian Kominfo dan PT. Telkomsel akan melakukan survey di Lampung Barat pada 27 September mendatang.

”Ada delapan titik rencana pembangunan BTS di Lampung Barat. Namun dalam survey ini tim akan menentukan titik lokasi yang di survey secara random, sehingga tidak semua delapan titik yang menjadi prioritas tersebut dilakukan survei,” ungkap Dadan---sapaan Iskandar mendampingi Kepala Diskominfo Lampung Barat Munandar, S.Sos.

Dikatakannya, jika pembangunan BTS terealisasi maka, akan menuntaskan persoalan 'blank spot' yang masih terjadi di sejumlah wilayah di bumi beguai jejama sai betik tersebut. 

BACA JUGA:BPS Lampung Barat Melaksanakan PL-KUMKM

Delapan BTS yang rencananya dibangun oleh Kementerian Kominfo tersebut masuk dalam program non 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Program Non 3T merupakan program pemerataan jaringan telekomunikasi ke seluruh pelosok negeri di luar wilayah 3T. 

Secara spesifik lokasi Non 3T tidak berada di daerah yang terisolir (jarak non 3T dengan BTS existing terdekat rata-rata sekitar 5-10 km).

Dijelaskan, delapan Pekon yang akan menjadi prioritas pembangunan BTS oleh Kementerian Kominfo yakni Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit, Pekon Tebaliokh Kecamatan Batu Brak, Pekon Batu Api, Pahayu Jaya, Sidodadi dan Pagar Dewa Kecamatan Pagar Dewa, kemudian Pekon Sukajadi dan Suka Damai Kecamatan Air Hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: