Jelang Peralihan Musim Kemarau ke Hujan, BPBD Pesisir Barat Siaga Bencana

Jelang Peralihan Musim Kemarau ke Hujan, BPBD Pesisir Barat Siaga Bencana

Ilustrasi hujan-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), siaga bencana menjelang peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan yang diperkirakan akan berlangsung Oktober mendatang.

Kepala BPBD Pesbar, Mirza Sahri, mengatakan pihaknya mulai melakukan persiapan untuk mewaspadai dampak peralihan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan di kabupaten setempat.

“Saat peralihan musim dari kemarau ke hujan, potensi bencana alam lebih tinggi dari biasanya, sekarang saja angin kencang sudah mulai terjadi sehingga dampaknya harus diwaspadai,” kata dia.

Dijelaskannya, saat peralihan musim kemarau ke hujan itu, bencana alam akan lebih sering terjadi, mulai dari tanah longsor, pohon tumbang, angin puting beliung hingga banjir dan bencana lainnya.

BACA JUGA:Puskesmas Bengkunat Belimbing Raih Akreditasi Paripurna

“Saat peralihan musim itu lebih rentan terjadi bencana alam, karena itu kita harus tetap waspada, apalagi bencana alam tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi dan dimana lokasinya,” jelasnya.

Menurutnya, dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam tersebut, pihaknya memastikan seluruh petugas siaga bencana di kabupaten setempat siap menghadapi bencana alam yang bisa terjadi kapan saja di kabupaten setempat.

“Seluruh petugas siaga bencana yang tersebar di sejumlah kecamatan kita pastikan siap untuk melakukan penanggulangan bencana alam yang terjadi di kabupaten ini,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, jika bencana alam yang terjadi tidak bisa ditanggulangi oleh petugas di lapangan, karena keterbatasan peralatan yang dimiliki petugas.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Lahan Kebun Karet PTPN 7 Trikora Terbakar

“Biasanya bencana alam seperti tanah longsor berukuran beras yang mengharuskan kami untuk berkoordinasi dengan Dinas PUPR atau instansi terkait lainnya dalam melakukan evakuasi yang menggunakan alat berat,” ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tetap berharap agar tidak terjadi bencana alam di Kabupaten Pesbar, sehingga seluruh wilayah tetap aman dari ancaman bencana. 

“Kita hanya bisa berharap agar bencana alam tidak bisa terjadi, tapi kita akan tetap siaga untuk antisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: