Pelaksanaan ANBK Jenjang SMP di Pesisir Barat Berjalan Lancar

Pelaksanaan ANBK Jenjang SMP di Pesisir Barat Berjalan Lancar

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sejak Senin-Kamis (18-21 September 2023), di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) berlangsung lancar.

Kabid Dikdas Paud dan PNFI, Erik Putra AR, S.Pd., mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten setempat, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan, dalam pelaksanaan ANBK jenjang SMP baik di Kabupaten Pesbar hingga hari ini yang merupakan hari terakhir itu tidak ada kendala di semua sekolah.

“Pelaksanaan ANBK di Pesbar ini diikuti siswa kelas VIII dan IX dari 36 SMP Negeri maupun Swasta yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Kabupaten setempat,” katanya.

Sedangkan, kata dia, untuk siswa kelas VIII yang mengikuti ANBK itu dipilih secara acak melalui sistem yang ada di Kemendikbud Ristek, sementara siswa kelas IX itu khusus bagi sekolah penggerak

BACA JUGA:Dinkes Lampung Barat Raih Peringkat Terbaik SKDR Terhadap Penyakit yang Menimbulkan Wabah dari Kemenkes

Selama pelaksanaan kegiatan ANBK semuanya berjalan lancar dan tidak ada hambatan, baik mengenai jaringan internet, maupun jaringan listrik, serta perlengkapan lainnya.

“Semua pelaksanaannya termasuk sekolah yang berada jauh dari pusat ibukota Kabupaten Pesbar ini juga tidak ada hambatan saat mengikuti ANBK sampai selesai,” jelasnya.

Ditambahkannya, ANBK merupakan salah satu program yang dilaksanakan Kemendikbud Ristek sebagai penilaian terhadap mutu setiap sekolah, seperti di jenjang SMP. 

Karena itu, mudah-mudahan hasil pelaksanaan ANBK di seluruh SMP di Pesbar ini nanti memiliki hasil yang baik. 

BACA JUGA:Dibiarkan Terbengkalai, Villa Milik Pemkab Lampung Barat Seperti 'Rumah Hantu'

Sehingga kedepan mutu pendidikan di Kabupaten Pesbar ini bisa terus ditingkatkan kembali sesuai harapan Pemkab Pesbar. 

Selain jenjang SMP, pada Oktober 2023 mendatang Disdikbud Pesbar juga akan melaksanakan kegiatan ANBK jenjang Sekolah Dasar (SD).

“Karena itu, kita kembali mengingatkan agar seluruh satuan pendidikan jenjang SD di Pesbar ini bisa mempersiapkan pelaksanaan ANBK itu dengan maksimal. Sehingga saat pelaksanaannya nanti berjalan lancar dan tidak ada kendala,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: