Sekilas Ulasan Sejarah Asal Usul Kabupaten Mesuji Lampung

Sekilas Ulasan Sejarah Asal Usul Kabupaten Mesuji Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten mesuji terletak di ujung timur laut wilayah Provinsi Lampung yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Mesuji menjadi kabupaten secara resmi terjadi pada tahun 2008. Namun sebelumnya telah melalui proses panjang yang menarik. Beberapa diantaranya ini berkaitan dengan asal usul nama dan sejarahnya sendiri.

Pada abad ke 18, Mesuji dihuni masyarakat delapan perkampungan. Kedelapan masyarakat ini dari berbagai marga. Kemudian menjadi satu marga dan dinamai Mesuji karena yang letaknya di tepian Sungai Mesuji.

Wilayah Mesuji saat itu dipimpin seorang Pesirah yang dipilih melalui pemilihan rakyat dan itu bersifat otonom atau sepenuhnya.

BACA JUGA:DPRD Mesuji Bahas Soal Penandatanganan Persetujuan Nota Kesepakatan Perubahan PROPEMPERDA

Tugas dari Pesirah tidak sendirian,dibantu oleh kepala suku terdiri dari Rio, Pembarep, Kemit, dan Penghulu.

Setelah adanya sistem pemerintahan tersebut, wilayah Mesuji mulai tertata dengan rapi. Masyarakat Mesuji untuk kehidupan sangat bergantung dari jalur perairan dan sudah mulai berkembang.

wilayah Mesuji mulanya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tulang Bawang. Saat itu wilayahnya berstatus sebagai daerah kecamatan.

Pada 2008, wilayah Mesuji ini berhasil memisahkan diri dari Kabupaten Tulang Bawang.

BACA JUGA:Minibus Berisi 9 Penumpang Alami Kecelakaan Tunggal di JTTS

Pembentukan wilayah kabupaten ini berdasarkan pada Undang-undang Nomor 49 tahun 2008 tentang Pembentukan Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.

Setelah resmi menjadi wilayah berdaulat, Kabupaten Mesuji terbagi tujuh wilayah kecamatan, terdiri dari kecamatan Way Serdang, Kecamatan Simpang Pematang, Kecamatan Mesuji, Kecamatan Rawajitu Utara, Kecamatan Panca Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, dan Kecamatan Mesuji Timur.

Untuk pembentukan Bupati Mesuji pertama pada 28 September 2011, dilakukan melalui Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

Yang terpilih dari pasangan yang bernama H. Khamamik-Ismail Ishak dab menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mesuji pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: