Stok Golongan Darah O di RSUDAU Melimpah, Sementara AB, A dan B Langka

Stok Golongan Darah O di RSUDAU Melimpah, Sementara AB, A dan B Langka

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat, memiliki banyak stok darah untuk pasien golongan darah O. 

Stok ini didapat dari kegiatan bakti sosial (Baksos) donor darah yang digelar RSUDAU setempat, di Aula Kagungan Setdakab Lampung Barat Senin 18 September 2023.

Hingga pukul 11.30 WIB atau berakhirnya pelaksanaan donor darah tersebut, ada sekitar 45 kantong darah yang berhasil dikumpulkan, sebagian besar golongan darah O.

Direktur RSUDAU dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes., mengatakan, dalam kegiatan donor darah yang digelar untuk darah golongan AB hanya didapat tiga kantong sisanya darah dari pendonor golongan darah O.

BACA JUGA:Hakim PN Liwa Tolak Gugatan Prapradilan Pelaku Bentrokan di Lahan Sawit PT KCMU

"Alhamdulillah hari ini ada sekitar 45 kantong darah yang disumbangkan oleh para pendonor, hampir semuanya golongan darah O, hanya ada tiga yang golongan darahnya AB," ungkap Iman Hendarman.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya kerap kesulitan untuk mendapatkan stok golongan darah seperti B, AB bahkan golongan darah A. 

Berbeda halnya dengan golongan darah O, yang cukup banyak didapat baik saat pelaksanaan Baksos maupun masyarakat yang datang sendiri ke RSUDAU untuk melakukan donor.

"Untuk pendonor golingan darah B, AB dan A di Lambar ini memang sedikit, seperti hari saja kita hanya mendapatkan sangat sedikit golongan darah selain dari golongan darah O," kata dia.

BACA JUGA:Pendapatan Lampung Barat Pada APBD Perubahan Naik Rp10 Miliar

Lebih lanjut dikatakan Iman Hendarman, kegiatan Baksos donor darah tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Lambar ke 32 yang akan jatuh pada 24 September mendatang.

"Alhamdulillah dalam kegiatan ini banyak peserta yang secara sukarela melakukan donor darah, baik yang berasal dari lingkungan Pemkab Lambar, instansi vertikal, BUMN, BUMD, hingga masyarakat umum. Kegiatan donor darah tidak hanya berhenti sebatas disini, bagi masyarakat yang ingin melakukan donor darah bisa datang langsung ke RSUDAU," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: