Program Pujasera Puskesmas BNS, Permudah Warga untuk Berobat

Program Pujasera Puskesmas BNS, Permudah Warga untuk Berobat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pihak medis Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terus mengintensifkan program kegiatan Puskesmas Jalan-Jalan Sambangi Masyarakat (Pujasera).

Pujasera yang mulai diaktifkan secara rutin sejak kepemimpinan Subagio, A.Md.KL, sasaran utamanya adalah berkunjung pola jemput bola di pekon-pekon khususnya pemukiman masyarakat (pemangku) yang akses jalannya jauh dari Puskesmas.

Disampaikan Subagio Pujasera, merupakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ingin berobat ke puskesmas. 

Namun terkendala dengan transportasi, jangkauan dan akomodasi. Atau warga yang tidak memungkinkan untuk datang ke puskesmas. 

BACA JUGA:Peringatan HAORNAS ke-40 di Lampung Utara Diramaikan Atraksi Beladiri dan Senam Massal

"Alhamdulilah program pujasera ini sangat dirasakan warga. Hal itu dapat dilihat dari tingkat kehadiran saat kami berkunjung," terangnya.

Pada kesempatan itu Subagio berpesan kepada masyarakat untuk tidak sungkan-sungkan menanyakan bahkan jika ada keluh kesah kepada petugas puskesmas setempat bahkan langsung kepadanya. 

Karena melayani masyarakat bidang kesehatan merupakan tanggung jawab para petugas medis baik yang standby di pekon seperti Bidan Desa, Perawat Pekon bahkan jika ada petugas yang memiliki klinik mandiri punya kewajiban bukan saja untuk pengobatan tapi tetapi juga koordinasi seputar kesehatan. 

Ditambahkan Kasubag TU Puskesmas BNS Megawati, S.Kep, dalam program pujasera tersebut pelayanan kesehatan yang diberikan mulai dari sosialisasi JKN/BPJS, Pemeriksaan pengobatan, Cek Laboratorium : GDS, Kolesterol, Asam Urat serta Penyuluhan Kesehatan seperti Stunting, TBC Hipertensi, dan yang lainnya.

BACA JUGA:6 Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

"Pelayanan tersebut gratis bukan saja kepada peserta BPJS, Bahkan bagi yang tidak memiliki kartu BPJS dilayani sesuai dengan perda yang berlaku," jelasnya.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut tim yang hadir di komandoi Kepala Puskesmas Subagiyo, kasubag TU, dr Yonan Adityo. Dan para pemegang program puskesmas.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: