BUMN dengan Pendapatan Tertinggi di Tahun 2023, Pertamina Masih yang Teratas

BUMN dengan Pendapatan Tertinggi di Tahun 2023, Pertamina Masih yang Teratas

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) merupakan Perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Perusahaan BUMN memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, baik dari segi penyediaan barang dan jasa, penyerapan tenaga kerja, maupun penerimaan negara.

BUMN menyediakan barang dan jasa, mendorong pembangunan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara.

Mereka dijalankan secara profesional dan berorientasi pada keuntungan, tetapi juga memperhatikan kepentingan publik. BUMN dikelola oleh dewan direksi dan dewan komisaris dengan pengawasan pemerintah.

BACA JUGA:Dosen Universitas Malahayati Lampung Ubah Limbah Kulit Pisang Jadi Kerupuk Kulipang Kaya Manfaat

Berdasarkan data dari Kementerian BUMN, berikut adalah daftar 10 besar perusahaan BUMN Indonesia per tahun 2023, berdasarkan total pendapatan:

1.PT.Pertamina (Persero)

PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi. Pertamina merupakan perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, dengan total pendapatan sebesar Rp820,65 triliun pada tahun 2023.

Perusahaan berplat merah ini memiliki peran penting dalam penyediaan energi bagi Indonesia, baik untuk kebutuhan rumah tangga, industri, maupun transportasi.

BACA JUGA:Komunitas Adventure Motor Club Resmi Disahkan

2.PT PLN (Persero)

PT PLN (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kelistrikan. PLN merupakan perusahaan BUMN terbesar kedua di Indonesia, dengan total pendapatan sebesar Rp368,17 triliun pada tahun 2023. 

PLN memiliki peran penting dalam penyediaan listrik bagi Indonesia, baik untuk kebutuhan rumah tangga, industri, maupun komersial.

3.PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: