Kebakaran Rumah Kosong Kembali Terjadi, Diduga Ini Penyebabnya

Kebakaran Rumah Kosong Kembali Terjadi, Diduga Ini Penyebabnya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Kembali musibah kebakar rumah terjadi, kali ini Rumah panggung ukuran 5 x 7 meter persegi milik Budiono warga di RT 03, RW 05, Pekon Batu Api, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) sekitar Pukul 15.00 WIB Kamis 7 September 2023. 

Berdasarkan informasi dari aparatur pekon setempat Nurrohim, kebakaran rumah hingga rata tanah tersebut, terjadi saat posisi kosong ditinggal pemiliknya sedang melakukan pengobatan (Sakit) di Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong. 

Dan kuat dugaan kebakaran terjadi akibat korsleting arus pendek listrik tenaga turbin. 

Yang menyebabkan kerugian mencapai Rp 42.500.000 juta karena tidak ada harta benda yang dapat di selamatkan. 

BACA JUGA:Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Barat Terima Kunjungan dari Sekolah

"Upaya pemadaman tidak dapat dilakukan secara cepat karena keberadaan rumah panggung kayu tersebut tunggal diatas perbukitan ditambah lagi cuaca kemarau sehingga api dengan cepat membesar," jelasnya. 

Dan saat ini Budiono dan kekuarga numpang tinggal di rumah tetangga yang tidak terlalu jauh dari lokasi kebakaran. 

Atas kejadian tersebut Nurrohim mewakili pihak keluarga mengharapkan perhatian pemerintah untuk dapat memberikan bantuan, mengingat kondisi ekonomi yang saat ini tengah terpuruk dampak anjloknya buah kopi yang menjadi andalan hidup warga setempat.  

Meski sempat syok, saat ini bapak Budiono dan keluarga telah menghilangkan musibah yang terjadi, dan masih bersyukur tidak ada korban akibat kebakaran tersebut. 

BACA JUGA:Pekon Ciptawaras Salurkan BLT DD Triwulan Ketiga Kepada 24 KPM

Terpisah Camat Pagardewa Mat Patoni, S.Sos, M.Si., menyampaikan belasungkawa atas musibah tersebut dan mengajak keluarga korban untuk mengikhlaskan serta kembali semangat untuk dapat mendirikan rumah yang baru.

Dia juga menghimbau masyarakat untuk lebih waspada khususnya dalam penggunaan api maupun listrik karena sekarang sedang berlangsung musim kemarau yang sangat mudah menyulut terjadinya kebakaran.

"Saya juga pesankan secara tegas jangan pernah melakukan pembakaran lahan perkebunan kopi karena itu sangat membahayakan," pesannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: