Waspadai ISPA, Berikut Tips Sehat dari Direktur RSUDAU Hadapi Fenomena El Nino

Waspadai ISPA, Berikut Tips Sehat dari Direktur RSUDAU Hadapi Fenomena El Nino

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Wilayah Kabupaten Lampung Barat kini telah merasakan dampak dari fenomena el nino atau kemarau panjang yang diprediksi akan terjadi hingga akhir tahun mendatang. 

Salah satu penyakit yang cukup rentan terjadi pada musim kemarau seperti sekarang ini yakni Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

BACA JUGA:Kebakaran Melahap Habis Satu Rumah di Kampung Rantau Temiang, Bantuan Dinas Sosial Menunggu Proposal

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes., mengungkapkan, sejak beberapa bulan terakhir pihaknya banyak menangani pasien ISPA.

"Poli Rawat Jalan Anak, banyak menangani pasien dengan keluhan ISPA yang, ini merupakan salah satu dampak dari fenomena el nino yang terjadi sekarang ini," ungkap Iman Hendarman, Senin (4 September 2023).

BACA JUGA:Diterpa Angin Puting Beliung, Atap Demplon BBI di Kebun Tebu Berhamburan

Dijelaskan, penyakit ISPA tentu berbahaya apalagi bila sudah disertai pneumonia, sehingga pasien sulit ditolong. 

Beberapa gejala ISPA di antaranya hidung tersumbat dan pilek, batuk kering tanpa dahak, demam ringan, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, bernapas cepat atau kesulitan napas dan warna kebiruan pada kulit akibat kekurangan oksigen.

BACA JUGA:Respon Kekeringan Ratusan Hektare Sawah, Pemkab Lampung Barat Segera Cari Solusi

"Tetapi Alhamdulillah pasien yang kami tangani sejauh ini masih dalam gejala ringan, sehingga hanya menjalani rawat jalan," kata dia.

Meski bukan daerah yang terdampak tinggi akibat fenomena el nino, kata dia, namun masyarakat Lampung Barat harus tetap waspada dengan ISPA terlebih anak-anak yang tentunya perlu pengawasan yang baik dari para orang tua.

BACA JUGA:Pekon Muara Baru Salurkan Program Berkelanjutan Seragam Gratis TK/Paud

"Meski Lampung Barat bukan wilayah yang paling terdampak, tetapi kita harus tetap waspada, apalagi anak-anak, harus diawasi betul," ujarnya.

Iman---sapaan Iman Hendarman mengajak masyarakat mengutamakan budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan dapat menjaga kebersihan lingkungan serta selalu menggunakan air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: