Kebakaran Melahap Habis Satu Rumah di Kampung Rantau Temiang, Bantuan Dinas Sosial Menunggu Proposal

Kebakaran Melahap Habis Satu Rumah di Kampung Rantau Temiang, Bantuan Dinas Sosial Menunggu Proposal

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Satu unit rumah di Kampung Rantau Temiang, Kecamatan Banjit, Kabupaten WAY KANAN, telah menjadi korban 'Si Jago Merah' yang melumatnya habis.

Peristiwa tragis ini terjadi pada Senin dini hari, 4 September 2023, sekitar pukul 03.02 WIB. Hingga saat ini, penyebab pasti kebakaran ini belum dapat dipastikan.

Pemilik rumah, Hamkayadi (50), bersama dengan keluarganya berusaha keras untuk memadamkan api yang melanda rumah mereka. 

Namun, api terus membesar, bahkan melebihi usaha warga yang berupaya memadamkannya dengan peralatan seadanya. 

BACA JUGA:Respon Kekeringan Ratusan Hektare Sawah, Pemkab Lampung Barat Segera Cari Solusi

Masno Asmono, seorang warga setempat, menyampaikan bahwa ketika kebakaran pertama kali terjadi, Hamkayadi berusaha meminta bantuan warga segera. 

Sayangnya, api terus membesar karena di dalam rumah terdapat banyak tumpukan rongsokan.

"Dugaan sementara adalah karena arus listrik, tapi persisnya belum dapat dipastikan. Yang pasti, berita baiknya adalah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Semoga pemilik rumah dapat tabah menghadapi kejadian ini," ujar Masno.

Masno juga menjelaskan bahwa jika ada kendaraan pemadam kebakaran yang tiba lebih cepat, kemungkinan besar rumah korban bisa diselamatkan. 

BACA JUGA:Peningkatan Pendapatan Pengrajin Batik Lampung Melalui Digitalisasi Proses Bisnis

Namun, mobil pemadam kebakaran yang tersedia berada jauh di Blambangan Umpu, yang merupakan ibukota Kabupaten Way Kanan.

"Saat kami mendengar teriakan dari korban, kami dan warga lainnya berusaha membangunkan tetangga-tetangga lainnya dan berlari menuju lokasi kejadian. Kami segera berusaha membantu memadamkan api, tetapi sayangnya, air sumur juga banyak yang sudah kering. Akhirnya, kami hanya bisa berusaha untuk melokalisasi kebakaran dengan menyiram air ke rumah-rumah di sekitar rumah yang terbakar, berharap agar api tidak menyebar lebih luas," tambah Masno.

Camat Banjit, Nasrullah Ali, S.Sos, MM, membenarkan kejadian tersebut dan telah melaporkannya kepada Bupati Way Kanan. 

"Saya sudah mendapatkan laporan dan telah kami laporkan ke Pimpinan (bupati). Insha Allah, bantuan akan segera datang dari Dinas Sosial Way Kanan," ujar Nasrullah Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: