Tips Agar Bisa Hidup Hemat dan Ternyata Memiliki Manfaat Luar Biasa

Tips Agar Bisa Hidup Hemat dan Ternyata Memiliki Manfaat Luar Biasa

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Di waktu yang sulit semua serba naik kadangkala kita perlu berhemat, ada beberapa cara efektif untuk berhemat, misalnya dengan lebih sering memasak di rumah dan mengurangi konsumsi makanan untuk dibawa pulang.

Kadang kala meskipun demikian, tidak semua kebiasaan hemat itu sama, dan tidak semua kebiasaan itu akan menghemat uang dalam jangka panjang. 

Dengan beragam pengeluaran, tagihan, dan harga barang-barang yang perlahan naik, penting sekali bagi kita rasanya untuk berhemat. 

Dalam berhemat, wajar jika kita mencari peluang untuk menyesuaikan kebiasaan belanja agar tetap mendapatkan kebutuhan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.

BACA JUGA:Menyoal Pemecatan Muhamat Marasabessy, Pentingnya Keadilan dan Transparansi

70 Persen Masyarakat Indonesia memanfaatkan cara Hari Belanja Online Nasional (HBON) untuk Berhemat. Teras pada september 2023, Harga BBM Pertamina mulai Pertamax Kini Rp 13.300 Per Liter.

Dikutip dari Kompas, Sabtu 3 september 2023, salah satu bagian dari berhemat adalah menemukan keseimbangan antara nilai waktu kamu dan nilai uang kamu. 

Jika dilihat dari kebiasaan kamu dapat menghabiskan waktu berjam-jam mencari penawaran atau diskon terbaik secara online atau berkendara ke berbagai toko untuk membeli barang obralan.

Dengan begitu kamu sebenarnya dapat menghemat saat membeli. Namun kamu mungkin menghabiskan uang untuk melakukan hal tersebut, dan Anda bisa mendapatkan uang selama waktu tersebut.

BACA JUGA:Rancangan Perpres Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Jurnalisme Jadi Langkah Anti Demokrasi

Atau berinvestasi pada hal-hal lainnya di luar uang yang Anda hargai, seperti berkumpul dengan teman dan keluarga. Ada beberapa kebiasaan hemat yang sebenarnya tidak menghemat uang kamu, berikut diantaranya. 

Belanja hanya karena ada diskon Menghabiskan uang untuk menghemat uang, seperti belanja obral hanya karena sedang obral, umumnya hal tersebut tidaklah benar-benar menghemat uang.

Pelaku pedagang eceran juga menggunakan beberapa taktik promosi untuk membuat Anda membelanjakan lebih banyak selama penjualan, seperti mempromosikan kelangkaan atau membandingkan harga yang lebih rendah dengan harga asli yang lebih tinggi. 

Jika Anda belum berencana membeli sesuatu, membelinya saat sedang diskon berarti menghabiskan uang yang tidak diperlukan dan sebenarnya bisa ditabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: