Mau Ajukan KUR Mandiri? Pastikan Skor Kredit Anda Baik, Cek Dulu di SLIK OJK

Mau Ajukan KUR Mandiri? Pastikan Skor Kredit Anda Baik, Cek Dulu di SLIK OJK

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mungkin banyak yang tidak mengetahui hubungan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) dengan syarat pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat) pada Bank Mandiri

Untuk diketahui SLIK merupakan catatan kredit seseorang yang pernah melakukan pinjaman di Lembaga Keuangan atau aplikasi penyedia dana keuangan yang biasa disebut masyarakat saat ini pinjaman online.

Untuk melihat lancar tidaknya kredit seseorang, bisa dilihat dari SLIK Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Dan hal tersebut sudah pasti sangat berpengaruh terhadap saat anda melakukan pengajuan pinjaman KUR Mandiri. 

BACA JUGA:Berikut Ada 4 Jenis Bansos yang Cair Bulan September 2023, Simak Rinciannya

Jika anda salah salah satu calon peminjam KUR yang memiliki skor kredit buruk di SLIK OJK, kemudian besar akan sulit mengajukan pinjaman KUR Mandiri 2023, atau bahkan pinjaman dalam bentuk lainnya juga. 

Karena seperti yang kita ketahui salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri 2023 yaitu dengan memiliki catatan baik atau track record yang bagus di SLIK.

Sementara dalam SLIK itu sendiri memiliki lima skor kredit yang mengklasifikasikan para calon debitur tergantung lancar tidaknya kredit yang pernah mereka lakukan.

Pertama skor menyatakan debitur memiliki catatan kredit yang baik dan lancar. 

BACA JUGA:Berikut Gambaran Formasi CPNS 2023 Pada Badan Intelijen Negara

Kedua skor kredit masih dalam tahap pengawasan karena debitur pernah menunggak atau telat membayar dalam jangka waktu 1 hingga 90 hari.

Ketiga skor kredit hingga kelima yaitu sudah masuk blacklist OJK karena peminjam pernah menunggak dalam jangka waktu 91 hingga lebih dari 180 hari.

Nah jika sudah masuk blacklist OJK, maka Kamu akan kesulitan melakukan pinjaman termasuk di KUR Mandiri 2023. 

Sebaiknya jika anda akan melakukan mengajukan pinjaman KUR Mandiri guna modal usaha atau lainnya terlebih dahulu untuk mengecek skor kredit mu di SLIK. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: