Berjiwa Nasionalisme, Warga Sekincau Sulap Tempat Tinggalnya Menyerupai Taman Kemerdekaan

Berjiwa Nasionalisme, Warga Sekincau Sulap Tempat Tinggalnya Menyerupai Taman Kemerdekaan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kisah inspiratif datang dari salah seorang masyarakat yang tinggal di Lingkungan Rejosari, Kelurahan Sekincau, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat.

Dia adalah Untung Sukamto, pria kelahiran Wonogiri 6 April 1966 itu mempunyai jiwa nasionalisme sangat tinggi. 

Hal itu terbukti, saat menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2023 lalu, dirinya merias dan menyulap lingkungan tempat tinggalnya menyerupai taman kemerdekaan.

Nampak cat warna warni melekat pada pagar halaman rumahnya, ditambah dengan adanya polesan lukisan pemandangan alam.

BACA JUGA:Disdikbud Pesisir Barat Teken MoU, 10 Guru PAI Ikuti PPG

Tidak hanya itu, di halaman rumahnya pun terdapat tugu kecil yang berukuran tinggi sekitar dua meter dan terdapat pula lambang Garuda Pancasila terbuat dari kayu berukuran sekitar satu meter yang sengaja dibuat dan dibentuk menyerupai taman kemerdekaan. 

Tidak ketinggalan, coretan tulisan-tulisan bertema kemerdekaan juga ikut terpampang di sana lengkap dengan kibaran bendera merah putih yang dijunjung tinggi.

Sementara itu di dalam rumahnya, Untung Sukamto memajang berbagai gambar-gambar dan foto tokoh nasionalis kemerdekaan RI, yaitu Bung Karno atau Soekarno.

Untung Sukamto mengaku, bahwa dirinya begitu mengidolakan sosok Bung Karno yang telah menjadi inspirasinya sebagai pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia tahun 1945.

BACA JUGA:Jadi Top Skor Sementara CR7 Ngambek Kepada Pemilik Al Nassr? Ini Penyebabnya

Dari hal itulah, sebagai bentuk rasa cinta dan bangganya terhadap sosok nasionalis Bung Karno hingga ia membuat tempat tinggalnya menjadi taman kemerdekaan di setiap tahunnya, tepat pada peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Tentunya, hasil karya dari rasa cintanya terhadap Indonesia dan sosok Bung Karno itu, Untung Sukamto mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat. 

Tepat pada puncak perayaan HUT ke-78 RI 17 Agustus kemarin, Untung Sukamto menerima penghargaan berupa piagam dari Camat Sekincau, Andy Chahyadi mewakili Pemkab Lampung Barat.

Harapan Untung Sukamto dengan apa yang telah dilakukannya itu dapat menginspirasi, menggugah, menumbuhkan dan menggerakkan generasi muda untuk lebih cinta terhadap tanah air Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: