Harga Beras Naik, Pedagang Minta Bulog Turun Tangan

Harga Beras Naik, Pedagang Minta Bulog Turun Tangan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harga beras di sejumlah pasar baik medium maupun premium hingga hari kenaikan bertambah, beras berjeniskan medium mencapai Harga Rp 12.300 hingga 12.400 perkilonya, sementara Harga beras premium Rp 14.000 hingga 14.200 setiap kilonya.

Berdasarkan Informasi yang beredar. Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri, mengungkapkan, harga beras di jakarta tertinggi, sekelas medium kisaran di harga Rp 12.200 perkilonya, jenis IR 64 Rp 11.500, premium di atas Rp 14.000.

Sudah tidak ada lagi harga Rp.10.000.

Kenaikan harga juga tidak hanya terjadi di wilayah Jakarta, Mansuri mengungkapkan bahkan kenaikan harga beras juga terjadi beberapa wilayah di indonesia termasuk Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Gorontalo.

"Harganya terus meningkat, keluhan ini mulai dari IKAPPI Jawa Barat, Jawa TImur, Jawa Tengan sampai Gorontalo yang menginformasikan harga beras naik," Ungkapnya,

BACA JUGA:Dampak El Nino Sangat Parah, Produksi Sawit Hingga Beras Diperkirakan akan Anjlok

Ia menambahkan seperti yang terjadi di Karawang, warga di sana sekarang-sekarang ini disana berebut beras baik di tingkat pengepul dan penggilingan.

"Wilayah jawa barat stoknya ada tetapi harganya tinggi, berbeda halnya untuk wilayah Gorontalo teman-teman disana juga beras naik, makanya terjadi kepanikan oleh beberapa pedagang sebagian di indonesia,"ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya bersama pedagang meminta pemerintah untuk mengguyur beras murah demi mengintervensi harga.

"Harapannya pihak bulog menyalurkan beras agar tidak kekurangan langsung aja ke pasar, untuk menjaga stok dan harga, agar tidak ada juga kepanikan para pedagang," Harapnya.

BACA JUGA:Harga Beras Terus Naik, Ema-emak di Bandar Lampung Menjerit

Beras murah disalurkan oleh Perum Bulog sebagai BUMN pangan yang memegang stok cadangan beras pemerintah (CBP).

Mansuri menambahkan, beras bulog yang masuk dalam program beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP)belum banyak di pasar-pasar tradisional yang ada di indonesia.

"Beras program SPHP di Pasar dari pemerintah harus ada upaya untuk menggelontorkan lagi beras ke pasar agar bisa menurunkan harga," Kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: