Proyek Irigasi di Sinar Luas Ternyata Milik BPBD, Telan Dana Miliaran Rupiah

Proyek Irigasi di Sinar Luas Ternyata Milik BPBD, Telan Dana Miliaran Rupiah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari lapangan, pembangunan irigasi di Pekon Sinar Luas Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat yang sebelumnya diduga sebagai proyek siluman ternyata merupakan kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar.

Menurut informasi yang diterima Medialampung.co.id, kegiatan itu merupakan satu dari beberapa proyek besar BPBD yang menelan biaya belasan miliar rupiah.

Dan untuk kegiatan pembangunan irigasi tersebut dikabarkan hampir menelan dana Rp 2 Miliar.

Hanya saja narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut mengaku tidak mengetahui pasti volume kegiatan yang menelan dana besar tersebut.

BACA JUGA:PPNS Lampung Barat-Korwas Bahas Perihal Penerapan Aplikasi e-PPNS

"Kabar yang kami dapatkan proyek tersebut dibawah wewenang BPBD Lambar dimana tahun ini ada lima kegiatan yang disalurkan melalui BPBD dengan nilai yang fantastis bahkan ada diantaranya di wilayah Suoh diatas Rp 6 Miliar," sebut informan.

Pihaknya juga merasa heran jika betul proyek-proyek besar di Lambar diantaranya dikelola BPBD Lambar. 

Pasalnya, biasanya kegiatan yang dapat ditangani langsung oleh BPBD yang sifatnya kedaruratan dan melalui mekanisme Penunjukan Langsung (PL). 

Dan jika ada kegiatan yang anggarannya besar minimal diatas Rp 100 juta meski secara ketentuan penanggulangan bencana dalam teknisnya dikelola Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).   

BACA JUGA:Koleksi Kemewahan Bernilai Sejarah, 9 Jam Tangan Rolex Termahal di Dunia

Hanya saja dirinya tidak terlalu menyatakan perihal tersebut. Yang diharapkan adalah dalam pelaksanaannya mentaati ketentuan yang berlaku seperti pasang plang proyek, dan penguatan kualitas bangunan. 

Jangan sampai terjadi baru beberapa tahun telah hancur dan perlu di rehab ulang. 

Dikonfirmasi terpisah Kepala BPBD Lambar Padang Prio Utomo, S.H., membenarkan terkait pembangunan irigasi di Kecamatan Kebun Tebu yang bersumber dari dana hibah dari pemerintah pusat.

Bahkan ia menjelaskan terdapat dua lokasi pertama di  Sinar Luas dan kedua di Cipta Mulia. Dan perihal papan proyek Padang menyebutkan telah dipasang sejak awal kegiatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: