Harga Jual Cabai dan Bawang di Pasaran Kembali Melonjak, Dampak El Nino

Harga Jual Cabai dan Bawang di Pasaran Kembali Melonjak, Dampak El Nino

Ilustrasi-Freepik.com@standret-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harga jual cabai dan bawang di sejumlah pasar di Kabupaten Lampung Barat, mengalami lonjakan yang cukup signifikan. 

Dampak El Nino, yang menyebabkan banyak petani cabai dan bawang di indonesia mengalami penurunan produksi, menjadi berkah tersendiri bagi petani yang masih bisa bercocok tanam.

BACA JUGA:Pekon Sukaraja Gelar Musyawarah Penyusunan RKP Pekon Tahun 2024

Kabid Perdagangan pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lampung Barat Heriyanto mengungkapkan, berdasarkan hasil pemantauan pihaknya di sejumlah pasar di kabupaten setempat, kenaikan harga terjadi cukup signifikan.

Ia menjelaskan, untuk harga jual cabai merah besar saat ini berada di harga Rp40 ribu/kg, dari harga sebelumnya yakni Rp 35 ribu/kg. 

BACA JUGA:Hadapi Ancaman Karhutla, BPBD Siagakan Personel dan Satgas PB

Kemudian untuk cabai merah keriting harga sebelumnya Rp35 ribu/kg naik menjadi Rp 45 ribu/kg.

Sementara, untuk harga Bawang bombay berada di kisaran harga Rp35 ribu/kg dari sebelumnya yakni berada di kisaran harga Rp30 ribu/kg, terakhir harga Bawang putih kating saat ini mencapai Rp l45 ribu/kg dari harga sebelumnya yakni Rp 35 ribu/kg,” ujarnya. 

BACA JUGA:Pj Bupati Lampung Barat Diundang PLN Jadi Narasumber Talkshow

Ia menyebut, salah satu faktor melonjaknya harga cabai dan bawang di Lampung Barat ini dimungkinkan karena adanya fenomena El Nino.

“Mungkin salah satu penyebab terjadi kenaikan ini karena adanya dampak el nino yang terjadi di seluruh Indonesia, karena dari informasi juga, untuk bawang putih kenaikannya terjadi secara nasional dan bukan hanya di Lampung Barat," ujar Heriyanto.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata Murah di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Terusnya,  kenaikan harga cabai antara lain seperti jenis cabai cabai merah besar dan cabai merah keriting, selanjutnya untuk jenis bawang yakni bawang bombay, bawang putih, cabai merah besar dan cabai merah keriting. 

"Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya saat ini masih relatif stabil, untuk ketersediaan juga masih tercukupi. Beberapa stok bahan pokok yang masih terbilang mencukupi itu seperti gula pasir, daging sapi, daging ayam, kedelai, bawang merah dan lainnya,” imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: