RSUDAM Lampung Berakselerasi Menuju Smart Hospital Pertama di Sumatera

RSUDAM Lampung Berakselerasi Menuju Smart Hospital Pertama di Sumatera

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Smart Hospital adalah konsep bisnis rumah sakit dengan mengoptimalkan kualitas pelayanan kesehatan menggunakan teknologi informasi memadai.

Seperti halnya saat ini pelaksanaan layanan kesehatan di Indonesia telah memasuki era dimana segala jenis pelayanan tenaga medis mulai mengintegrasikan teknologi atau sistem informasi yang canggih dan terpadu. 

Harapannya Smart Hospital akan sejalan dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2014. 

Yaitu operasional di setiap fasilitas pelayanan kesehatan akan lebih optimal, efektif, dan efisien.

BACA JUGA:Saldo DANA Bisa Dicairkan Tanpa Kartu ATM, Mau Tahu Caranya??

Dengan Kondisi tersebut akhirnya memunculkan rumah sakit pintar atau smart hospital yang dapat melengkapi bisnis pelayanan kesehatan yang dikelola dengan solusi berkualitas terbaik.

Seperti pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung yang saat ini intensif melakukan kegiatan pengenalan dan kunjungan lapangan penerapan Smart Hospital. 

Adapun beberapa fitur dan teknologi yang dapat digunakan dalam Smart Hospital meliputi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang terintegrasi, Internet of Things (IoT), Big Data Analytics, Artificial Intelligence (AI), Telemedicine dan sebagainya. 

Jadi dengan memanfaatkan teknologi tersebut, smart hospital dapat membantu meningkatkan pengambilan keputusan medis, mempercepat proses diagnosis, pengobatan, dan pemulihan pasien, serta memperbaiki sistem manajemen rumah sakit secara keseluruhan.

BACA JUGA:Cara yang Tepat Memanaskan Mobil, Kalau Mau Awet Ikuti Triknya

Adapun konsep Smart Hospital ini merupakan bagian dari konsep yang lebih luas yaitu Smart Healthcare dengan mencakup semua teknologi dan inovasi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan secara keseluruhan, termasuk di luar rumah sakit. 

Seperti contohnya yaitu penggunaan teknologi untuk memantau kesehatan secara remote dan pengembangan aplikasi kesehatan (healthcare apps).

Pada Kegiatan tersebut RSUDAM mengikutsertakan Persatuan Teknisi Perumahsakitan Indonesia  (PTPI)  dan langsung dihadiri ketua PTPI Prof. Ir. Dr. -Ing Eko Suprianto yang juga sebagai tim ahli Kemenkes RI serta Tim Samator Healthcare beberapa waktu lalu. 

Sementara Direktur RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung dr. Lukman Pura, Sp. PD, K-GH, MHSM., mengatakan kegiatan tersebut diharapkan membantu RSUDAM Lampung menjadi Smart Hospital perdana di Sumatera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: