Satlantas akan Tindak Tegas Aksi Balapan Liar di Lambar

Satlantas akan Tindak Tegas Aksi Balapan Liar di Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Satuan Lalu Lintas Polres Lampung Barat akan menindak tegas bagi siapapun yang melakukan aksi balapan liar di jalan raya. 

Demikian disampaikan Kasat Lantas Polres Lambar Iptu David Pulner, S.H., guna menyikapi adanya sejumlah aksi balapan liar yang terjadi di wilayah hukum Polres Lambar.

BACA JUGA:Pemilihan PAW Peratin Kenali akan Berlangsung Kamis

Iptu David Pulner menegaskan bahwa jika ditemukan atau tertangkap tangan pihaknya berjanji tidak segan untuk memberikan sanksi maksimal sesuai peraturan perundang-undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Dimana setiap orang mengemudikan kendaraan bermotor ber balapan dengan kendaraan lain di jalan raya sebagaimana dimaksud pasal 115 huruf B dapat di pidana kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta.

BACA JUGA:Berikut Ini Harapan Kepala SMAN 2 Way Tenong Usai Pimpin Simulasi UNBK

“Undang-undang secara tegas melarang adanya aksi balapan liar karena selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain. Kalau sampai tertangkap atau terjaring operasi akan kami beri sanksi maksimal,” tegas David mendampingi Kapolres AKBP Heri Sugeng Priyantho, Senin (21/8/2023).  

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat terutama para orang tua agar dapat meningkatkan pengawasan terhadap aktivitas anak-anak remaja di luar rumah, karena aksi balapan liar banyak dilakukan oleh kalangan remaja.

BACA JUGA:Cantik Alami dengan Minyak Zaitun: Rahasia Keindahan yang Mengagumkan

“Jadi balapan liar ini banyak dilakukan oleh para kalangan remaja, sebelumnya mereka yang terjaring operasi sudah kami beri peringatan apabila masih mengulangi akan kita tindak tegas dan disini kita berharap peran orang tua supaya ikut memberikan pengawasan,” harapnya.

Disisi lain, untuk mencegah berbagai upaya agar balap liar tidak terjadi pihaknya terus melakukan upaya preventif mulai dari memberikan imbauan melakukan patroli secara rutin di beberapa wilayah yang rawan adanya aksi balapan liar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: