Puluhan Bencana Terjadi di Kabupaten Lampung Barat

Puluhan Bencana Terjadi di Kabupaten Lampung Barat

Kepala Pelaksana BPBD Lambar Padang Prio Utomo, S.H--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lampung Barat merupakan daerah rawan bencana baik itu longsor, banjir, kebakaran dan bencana lainnya sehingga masyarakat diharapkan untuk tetap waspada. 

“Dari Januari hingga saat ini sudah ada 29 kejadian bencana di Kabupaten Lampung Barat, dengan jumlah kerugian diperkirakan mencapai Rp2.000.000.000,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Padang Priyo Utomo, S.H, Sabtu (19/8/2023)

BACA JUGA:Kubu Perahu Raih Juara 1 Lomba Tumpeng se-Kecamatan Balik Bukit

Dia menjelaskan, sebanyak 29 bencana yang terjadi di Kabupaten Lampung Barat itu meliputi tanah longsor tiga bencana, banjir tiga bencana, cuaca ekstrim 15 bencana, non alam tujuh bencana, serta kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) satu bencana. 

“Bencana yang paling banyak terjadi di Kabupaten Lampung Barat dari bulan Januari hingga Sabtu (19/8) adalah bencana akibat cuaca ekstrim, serta disusul bencana non alam,” ujar dia.

BACA JUGA:Peringati HANI, Ketua LKKS Lampung Riana Sari Bagikan Bantuan Sembako di Desa Pemanggilan, Natar

Seraya menambahkan, 29 bencana itu terjadi di bulan Januari enam kejadian, Februari sembilan kejadian, di bulan Maret ada tujuh kejadian bencana, di bulan April ada lima kejadian bencana, di bulan Juli satu kejadian bencana serta bulan Agustus baru satu kejadian. 

“Khusus bulan Agustus, hingga saat ini baru satu kejadian bencana yang terjadi yaitu kebakaran lahan dan hutan,” imbuhnya.

BACA JUGA:Angka Pengangguran Tertinggi, Seberapa Sulit Cari Kerja di Kota Bandar Lampung?

“Akibat kejadian bencana tersebut, 15 warga mengungsi, sebanyak 958 warga terdampak, tiga orang meninggal dunia, sebanyak 17 rumah warga terendam, lima rumah rusak ringan, dua fasilitas sekolah, tujuh ruas jalan rusak, serta tujuh jembatan rusak,” sambung Padang

Terkait terjadinya bencana, Padang mengungkapkan tidak ada manusia yang tahu kapan dan dimana bencana akan terjadi sehingga ia mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada. 

BACA JUGA:Nikmati Cara Mudah dan Gratis untuk Kirim Saldo DANA ke Rekening Lain atau Bank

“Kita berharap masyarakat Lampung Barat selalu waspada dan berhati hati, itu mengingat kabupaten ini rawan terjadi bencana, jadi lebih baik kita antisipasi,” pungkas dia. 

Sekadar diketahui, pada tahun 2022 lalu, jumlah bencana alam yang terjadi di Kabupaten Lampung Barat mencapai 163 bencana rinciannya 35 kejadian terjadi di bulan Januari, Februari 18 kejadian, Maret sembilan kejadian, April lima kejadian, Mei tiga kejadian, Juni 15 kejadian, Juli sembilan kejadian, Agustus tujuh kejadian dan di bulan September delapan kejadian. Lalu, Oktober 31 kejadian, November 21 kejadian serta Desember ada dua kejadian bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: