22 Guru di Pesisir Barat Ikuti Diklat Guru Penggerak

22 Guru di Pesisir Barat Ikuti Diklat Guru Penggerak

Ilustrasi Guru Penggerak--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat sebanyak 22 orang guru di kabupaten setempat mendaftar sebagai calon guru penggerak tahun 2023.

Kabid Dikdas Paud dan PNFI Erik Putra AR, S. Pd., mendampingi Kadisdikbud Pesbar Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan seluruh calon guru penggerak saat ini tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang dilaksanakan langsung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbudristek).

BACA JUGA:BPN Maksimalkan Pembuatan SHP Aset Pemkab Pesisir Barat

“Para calon guru penggerak itu telah mengikuti tahapan seleksi, dan sudah dinyatakan lulus, sekarang masih mengikuti Diklat yang berlangsung selama enam bulan,” kata dia.

Dijelaskannya, Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan.

BACA JUGA:Diklat Paskibraka Pesisir Barat Ditutup, Plt Sekda Apresiasi Suksesnya Pengibaran Bendera Merah Putih

“Guru penggerak akan berperan untuk menggerakkan komunitas belajar, menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah, membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan menjadi pemimpin pembelajaran,” jelasnya.

Ditambahkannya, guru yang lulus menjadi guru penggerak nantinya dapat dipromosikan sebagai kepala sekolah atau pengawas sekolah, sehingga peluang guru penggerak bisa lebih besar.

BACA JUGA:Keunggulan Menggunakan Aplikasi DANA yang Tidak Ada pada Aplikasi Lain, Berikut Penjelasannya

“Pelaksanaan program guru penggerak ini dilaksanakan langsung oleh kementerian, bahkan pelaksanaan diklat juga biayanya ditanggung oleh pemerintah pusat dari APBN,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya program guru penggerak tersebut, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah bisa berjalan maksimal dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten tersebut.

BACA JUGA:Lomba Panjat Pisang Semarak HUT RI Ke-78 di Pekon Tambak Jaya Berlangsung Seru

“Kita harap program guru penggerak ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pesbar, tentunya dengan SDM guru yang lebih profesional dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,” harapnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: