Gubernur Lampung Arinal : Integrasi Transportasi Kunci Sukses Pariwisata Lampung

Gubernur Lampung Arinal : Integrasi Transportasi Kunci Sukses Pariwisata Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sektor Pariwisata di Provinsi Lampung terlihat tumbuh semakin baik. Hal ini berkat dukungan beroperasinya Jalan Tol Trans Sumatera

Kedepan perlu untuk diintegrasikan dengan pembangunan jaringan transportasi lainnya. Seperti transportasi darat, laut, udara, sungai, danau, penyeberangan dan perkeretaapian.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat membuka acara "Mapping Isu Strategis Program Pembangunan dan Kebijakan Sektor Transportasi Provinsi Lampung dan Bengkulu“, di Hotel Novotel Lampung, Selasa (15/8). 

"Saya harap diskusi ini akan menghasilkan kebijakan-kebijakan transportasi yang mumpuni. Yang dapat secara signifikan mengungkit kemajuan pengembangan transportasi di Provinsi Lampung khususnya, dan Bengkulu maupun Pulau Sumatera," harap Arinal. 

BACA JUGA:DLH Lampung Barat-UPTD KPH Liwa akan Melaksanakan Inventarisasi Kawasan Berpotensi Sebagai Ruang Terbuka Hijau

"Mengingat Provinsi Lampung memiliki potensi pariwisata yang sangat banyak. Seperti wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata pertanian, wisata ecopark dan lain-lain. Tentunya sangat perlu didukung dengan adanya transportasi yang handal dan tangguh," sambungnya. 

Gubernur Arinal menyoroti beberapa poin kunci. Terkait pemulihan ekonomi, meskipun terdampak pandemi, ekonomi Provinsi Lampung tumbuh 8,15 persen (q-to-q) pada triwulan II-2023.

Di bidang perhubungan darat, fokus pada pengembangan terminal modern dan pengelolaan terminal tipe B di seluruh kabupaten/kota.

Untuk Penyeberangan, Pelabuhan Bakauheni-Merak penting dengan integrasi moda transportasi lainnya. Ditambah adanya proyek Bakauheni Harbour City.

BACA JUGA:Bentrok Petani Dengan Pihak PT KCMU, Warga Alami Luka Bacok

Pada sektor perhubungan laut, Arinal menekankan pentingnya pengelolaan pelabuhan pengumpan regional dan pembukaan jalur pelayaran di sungai.

Sedangkan di perhubungan udara, Arinal ungkapkan rencananya mengembangkan kawasan kesehatan internasional dan aerotropolis di Bandara Internasional Radin Inten II.

Memanfaatkan kesempatan diskusi ini, Arinal tak lupa menyoroti persoalan kelebihan kapasitas angkut pada sektor Kendaraan Angkutan Barang dan sinergi dalam penanganannya.

Dengan adanya mapping isu strategis dengan rumusan program dan kebijakan strategis yang tepat, diharapkan dapat mengurai permasalahan serta mentransformasikan sistem transportasi yang handal untuk kemajuan Provinsi Lampung khususnya dan Provinsi Bengkulu maupun Pulau Sumatera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: