16 Dokter Umum dan 8 Dokter Gigi Mulai Bertugas di Lampung Barat

16 Dokter Umum dan 8 Dokter Gigi Mulai Bertugas di Lampung Barat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 16 dokter umum dari Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) dan delapan orang dokter gigi dari Program Internsip dokter gigi Indonesia (PIDGI) angkatan III tahun 2023, resmi bertugas di Lampung Barat.

Kedatangan 24 dokter umum dan dokter gigi tersebut, disambut langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., bertempat di ruang rapat Pesagi Setdakab, Selasa (15/8/2023).

Dalam laporannya, Kepala dinas kesehatan (Dinkes) dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B melalui sekretarisnya Cahyani Susilawati, SKM, M.Kes, menjelaskan, 16 orang dokter PIDI tersebut akan melaksanakan tugas di Lampung Barat selama 12 bulan. 

Ditempatkan di tiga wahana yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar, Puskesmas Pajar Bulan dan Puskesmas Gedung Surian.

BACA JUGA:Cara Menghapus Dosa Kita Terhadap Orang yang Sudah Meninggal, Ustadz Adi Hidayat Anjurkan 2 Langkah Ini

"Sedangkan delapan orang dokter PIDGI akan melaksanakan tugas selama enam bulan di RSUD Alimuddin Umar, Puskesmas Kenali dan Batu Brak," ungkapnya. 

Menanggapi hal tersebut, Pj. Bupati Lampung Barat menyambut baik atas kedatangan 24 dokter PIDI dan PIDGI.

Dikatakan Nukman internsip adalah proses pemantapan mutu profesi dokter dan dokter gigi untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan secara terintegrasi, komprehensif, mandiri. 

"Kemudian menggunakan pendekatan kedokteran keluarga, dalam rangka kemahiran serta penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan," ucapnya.

BACA JUGA:Berpotensi Terjadi Politik Uang, 2 Kabupaten di Lampung Fokus Pengawasan Bawaslu

"Program Internsip dilakukan untuk pemahiran dan pemandirian dokter, penyesuaian dalam pemantapan kompetensi dokter gigi, serta pemenuhan kebutuhan dokter dan dokter gigi untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat di fasilitas pelayanan kesehatan," sambungnya. 

Nukman menyampaikan rasa bangga, sebab Pemkab Lampung Barat sudah terpilih menjadi wahana Program PIDI dan PIDGI.

"Untuk PIDI Kabupaten Lampung Barat hampir setiap tahun mendapatkan peserta Internsip sejak tahun 2012. Sedangkan untuk PIDGI adalah periode ke 2," terangnya. 

Ia berharap kepada seluruh peserta Internsip yang akan bertugas, agar dapat mengikuti dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing wahana. Selain itu, dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: