Lahan Persawahan di Lampung Barat Masih Aman dari Ancaman Kekeringan

Lahan Persawahan di Lampung Barat Masih Aman dari Ancaman Kekeringan

Kabid Tanaman Pangan DTPH Lambar Onni Violetta Saragi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kondisi lahan persawahan di Kabupaten Lampung Barat hingga saat ini masih aman dan tidak terjadi kekeringan, meskipun saat ini mulai musim kemarau.

“Sejauh ini kita belum menerima laporan dari penyuluh pertanian terkait lahan persawahan milik petani yang mengalami kekeringan. Mudah mudahan kedepan tidak terjadi kekeringan,” ungkap Kabid Tanaman Pangan Onni Violita Saragi mendampingi Kepala DTPH Ir. Nata Djudin Amran, Senin 14 Agustus 2023

BACA JUGA:Sempat 'Tertuduh' Masuk Kawasan TNBBS, Akhirnya 150 Warga Gunung Sari Segera Nikmati Listrik PLN

Dalam rangka antisipasi dampak El Nino, kata dia, pihaknya telah mengusulkan bantuan benih padi untuk lahan seluas 361 hektar kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. 

“Untuk antisipasi El Nino, kita telah mengusulkan bantuan benih untuk lahan persawahan seluas 361 hektar di Kecamatan Kebun Tebu kepada pemerintah provinsi,” bebernya. 

BACA JUGA:Terbanyak di Provinsi Lampung, Ini Daftar 51 Pekon Berstatus Mandiri di Lampung Barat

Dikatakannya, sasaran dari Pemprov untuk Kabupaten Lampung Barat untuk lahan seluas 1000 hektar namun petani yang siap melaksanakan penanaman hanya 361 hektar sehingga pihaknya mengusulkan sesuai dengan jumlah tersebut.

“Jadi kesiapan dari petani ini hanya 361 hektar sehingga kita usulkan sesuai dengan data dari mereka,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Bagikan PMT Tahap Kedua, Pekon Tebaliokh Berhasil Turunkan Angka Stunting

Lanjut dia, selain pihaknya mengusulkan bantuan benih padi kepada Pemprov, pihaknya juga menghimbau kepada petani untuk mempercepat proses penanaman padi. 

“Diperkirakan El Nino akan terjadi di bulan Agustus- September, jadi kita berharap kepada petani untuk melakukan antisipasi, dengan cara mempercepat proses penanaman padi,” tutupnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: