Sempat 'Tertuduh' Masuk Kawasan TNBBS, Akhirnya 150 Warga Gunung Sari Segera Nikmati Listrik PLN

Sempat 'Tertuduh' Masuk Kawasan TNBBS, Akhirnya 150 Warga Gunung Sari Segera Nikmati Listrik PLN

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pembangunan jaringan Listrik menuju Pemangku Gunung Sari, Pekon Banding Agung, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat sempat dibatalkan pada saat program Listrik dari Perusahan Listrik Negara (PLN) masuk desa pada tahun 2017 lalu.

Namun kini, pihak PLN akan memulai pembangunan yang telah dinantikan oleh sedikitnya 150 Kepala Keluarga (KK) di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Terbanyak di Provinsi Lampung, Ini Daftar 51 Pekon Berstatus Mandiri di Lampung Barat

Hal itu ditandai dengan telah adanya sekitar 60 tiang listrik, yang ditempatkan di sepanjang jalan menuju pemangku tersebut.

Anggota DPRD Lampung Barat Sugeng Hari Kinaryo Adi mengungkapkan, jarak antara Pemangku Gunung Sari dengan pemangku induk, termasuk dari Pekon Tanjung Sari cukup dekat, hanya saja hingga 2023 ini masih belum bisa menikmati listrik PLN.

BACA JUGA:Bagikan PMT Tahap Kedua, Pekon Tebaliokh Berhasil Turunkan Angka Stunting

"Pada tahun 2017, pihak PLN tidak bisa membangun jaringan listrik ke wilayah tersebut karena disebut-sebut wilayah tersebut masuk dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), padahal masyarakat sudah lama menantikan penerangan listrik PLN, bahkan sudah ada sekitar 20 KK yang sudah memasang KWH pada tahun 2017 tersebut," ungkap Sugeng, Senin 14 Agustus 2023.

Menerima laporan bahwa wilayah tersebut masuk TNBBS dan menjadi kendala tidak bisa dibangunnya jaringan listrik, lanjut Sugeng, maka ia langsung berkoordinasi dengan pihak TNBBS, dan pihak TNBBS menurunkan petugas untuk mengecek koordinat.

BACA JUGA:Cek Sekarang! Bansos BPNT Tahap 4 Cair, Rp400 Ribu Siap Masuk Dompet

"Hasil pengecekan yang dilakukan petugas ternyata wilayan itu memang tidak masuk dalam TNBBS dan masuk dalam kawasan marga," ujarnya.

Mendapatkan kepastian tersebut, ia bersama dengan peratin setempat dan pihak terkait lainnya kembali menyampaikan usulan kepada pihak PLN, sekaligus menyertakan terkait dengan hasil pengecekan yang dilakukan pihak TNBBS.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Kota Bandar Lampung

"Alhamdulillah usulan kami direspon oleh pihak PLN, dan apa yang diharapkan masyarakat di wilayah itu selama ini terjawab sudah, semoga dalam waktu yang tidak lama listrik di Pemangku Gunung Sari bisa menyala," kata dia menambahkan.

Dengan adanya tanda-tanda akan terealisasinya apa yang diharapkan masyarakatnya tersebut, maka pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak PLN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: