Olahraga Tradisional Mulai Terompah Kayu Hingga 'Ngalihko Sinjang' Dilombakan Pemkab Lampung Barat

Olahraga Tradisional Mulai Terompah Kayu Hingga 'Ngalihko Sinjang' Dilombakan Pemkab Lampung Barat

Lomba Tarik Tambang--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat menggelar berbagai perlombaan permainan tradisional Indonesia, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, bertempat di Pelataran Kantor Bupati, Senin (14/8/2023). 

Lomba olahraga tradisional yang digelar diantaranya Lomba paku sukha, terompah kayu, tarik tambang, ‘Ngalihko Sinjang’ (memindahkan sarung), dan diikuti oleh seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan instansi vertikal lainnya. 

Pantauan di lapangan, rangkaian perlombaan terlihat begitu meriah, diikuti sangat antusias oleh para staf dan jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. 

Para peserta lomba pun tampak mengenakan pernak-pernik stiker bendera merah putih yang ditempelkan di pipi hingga ikat kepala merah putih. 

BACA JUGA:Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis, Jalankan Misinya, Dapatkan Hadiahnya!!

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, SE, MP., usai membuka kegiatan tersebut menjelaskan, berbagai rangkaian kegiatan perlombaan tradisional tersebut digelar sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan terdahulu.

"Hari ini kita gelar berbagai perlombaan tradisional dalam rangka memeriahkan peringatan Hut Ri ke-78, hal ini sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan terdahulu yang sudah berjuang memerdekakan Negara Indonesia ini," ungkapnya. 

Ditambahkan Wasisno, melalui kegiatan perlombaan tersebut dirinya berharap dapat bangkitkan jiwa korsa dan kebersamaan.

"Adanya perlombaan ini berharap semua jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Barat turut berpartisipasi memeriahkan rangkaian perayaaan HUT RI ke 78 ini," ujarnya. 

 BACA JUGA:Wajib Tahu!! Ini Fungsi Segitiga Kecil di Ban Motor

Selain itu, dengan adanya kemeriahan perlombaan tersebut, pria yang akrab disapa pak Wasis itu berharap, dapat mempererat jalinan silaturahmi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dan stakeholder lainnya. 

"Saya berharap melalui kegiatan ini silaturahmi antar pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat serta instansi vertikal lainnya dapat terjaga dengan baik," terangnya. 

Dirinya pun menghimbau kepada seluruh peserta yang mengikuti perlombaan agar tetap menjaga sportifitas yang telah ditentukan pihak panitia, sebab, sejatinya, kegiatan tersebut tujuan utamanya bukanlah untuk mencari pemenang namun hanyalah seru-seruan semata. 

"Saya juga menghimbau kepada seluruh peserta agar dalam mengikuti perlombaan tetap menjaga sportifitas, ikuti aturan yang telah ditentukan pihak panitia," imbuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: