Tahukah Kalian Nama Lain dari Kiamat? Begini Penjelasannya

Tahukah Kalian Nama Lain dari Kiamat? Begini Penjelasannya

--

Contoh kiamat kubra yang dapat terjadi di muka bumi. 

Saat itu datang, tidak satupun planet di alam ini akan tersisa. Seluruhnya akan hancur, tak terkecuali bumi ini dan seisinya. 

Tapi tidak satupun juga manusia di planet ini yang tahu kapan hari kiamat akan terjadi, karena itu menjadi rahasia Alloh SWT. 

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini, Hubungan Cinta Zodiak Ini Bisa Mengalami Goncangan

Bahkan malaikat maupun nabi dan rasul Allah pun tidak mengetahuinya. Dan dalam Al Qur'an juga tidak disebut kapan waktunya akan terjadi.

Meski demikian, umat muslim wajib percaya akan datangnya hari akhir itu. Karena percaya kepada hari akhir itu adalah rukun iman kelima. 

Seperti disebutkan dalam Surah An-Nisa 136 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ ءَامِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلْكِتَٰبِ ٱلَّذِى نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلْكِتَٰبِ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِن قَبْلُ ۚ وَمَن يَكْفُرْ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَٰلًۢا بَعِيدًا

BACA JUGA:Hati-hati! Mencela Agama itu Tandanya Orang yang Sangat Bodoh

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian (hari akhir), maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."

Kiamat kubra ini merupakan hari kehancuran bagi seluruh makhluk di alam semesta. Kiamat kubra terjadi ketika Malaikat Isrofil meniup terompet atau sangkakala pertama yang menandakan dimulainya hari kiamat.

Saat itu terjadi, maka seluruh makhluk di muka bumi, termasuk malaikat, jin, iblis, dan makhluk lainnya akan musnah dan hanya tersisa Allah SWT.

Rukun iman yang wajib diimani seorang muslim memang salah satunya mempercayai akan datangnya hari akhir (kiamat). 

BACA JUGA:Bagi yang Belum Tahu, Ternyata Ini Perbedaan Gelar Ustadz dengan Kyai

Hal ini ditekankan melalui rukun iman ke-5 yakni iman kepada hari akhir. Kiamat kubra berarti kiamat besar dan kiamat sugra berarti kiamat kecil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: