Pengurus DPD Perhiptani Lampung Barat Resmi Dikukuhkan

Pengurus DPD Perhiptani Lampung Barat Resmi Dikukuhkan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Provinsi Lampung Ir. Sutono, M.M mengukuhkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhiptani Kabupaten Lampung Barat Masa Bakti Tahun 2023-2028, Kamis 3 Agustus 2023. 

Dalam pengukuhan tersebut, terpilih sebagai Ketua Perhiptani Kabupaten Lampung Barat yakni M. Amlin Armada, Wakil Ketua Suhartono, Sekretaris Ruspendi, Wakil Sekretaris Rinto Saroyo dan Bendahara Ahmad Rizal.

Prosesi pengukuhan itu berlangsung di Bukit Resto, Lingkungan Simpang Serdang, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit dan dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, Ketua DPRD yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Lampung Barat Edi Novial S.Kom., Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Wasisno Sembiring, S.E, M.P, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Ir. Nata Djudin Amran, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Agus Syifaur Rosyid, pimpinan Bank Lampung dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah BPRS Lampung Barat, serta para penyuluh pertanian.

Pada momen tersebut, Pj. Bupati Nukman berkesempatan memberikan bingkisan terhadap anggota Perhiptani sebagai bentuk apresiasi yang telah berjuang dalam memajukan dunia pertanian.

BACA JUGA:Kunjungi Pondok Eks Khilafatul Muslimin, Kapolsek Jati Agung dan Danramil Bagikan Bendera Merah Putih

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Nukman mengatakan, jika penyuluh pertanian mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. 

Mengingat, keberadaan mereka dapat dikatakan sebagai garda terdepan dalam meningkatkan kualitas petani saat ini.

Nukman berharap, penyuluh pertanian hendaknya dapat menjadi jembatan bagi petani dalam rangka membantu untuk menghasilkan sumberdaya produksi, modal kerja, prasarana pokok selain layanan umum lainnya.

"Untuk itu para penyuluh pertanian dapat membantu petani untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah, dunia usaha, serta lembaga penelitian dan pengembangan lainnya," kata Nukman.

BACA JUGA:Retribusi KIR Bandar Lampung Terealisasi Rp 1,2 Miliar

Selain itu diharapkan juga para penyuluh pertanian dapat bersinergi dalam menyukseskan program pembangunan melalui langkah strategis pada program kerjanya manakala penyuluh pertanian mengerti apa yang diperlukan dan persoalan petani. 

"Tentu saja kebijakan yang diambil merupakan solusi tepat dan menguntungkan bagi para petani," ungkap Nukman.

Perlu diketahui, Perhiptani merupakan organisasi profesi yang mewadahi penyuluh pertanian dengan tujuan mendukung program pemerintah dan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan sistem pertanian maju dan modern. 

“Penyuluh pertanian harus mampu mengajak para pemuda untuk bertani kembali dan bangga menjadi petani,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: