Temukan Titik Hotspot, Polres Pesisir Barat Imbau Warga Cegah Karhutla

Temukan Titik Hotspot, Polres Pesisir Barat Imbau Warga Cegah Karhutla

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Polres Pesisir Barat (Pesbar) mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat bergandengan tangan dengan Pemerintah dalam upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten setempat.

Kabag Ops Polres Pesisir Barat AKP Abdul Rasyid, S.H, M.H., mewakili Kapolres  AKBP Alsyahendra, S.IK, M.H., mengatakan bahwa, semua masyarakat diharapkan dapat berhati-hati dan waspada, serta berperan aktif jika di wilayahnya terjadi adanya titik panas (hotspot). 

Secepatnya agar dapat dilaporkan kepada pihak kepolisian maupun terkait lainnya jika masyarakat menemui titik api, salah satunya di wilayah kawasan hutan yang ada di Pesbar ini.

"Jika menemukan titik api di kawasan hutan maupun lahan perkebunan warga, diharapkan agar segera dilaporkan. Karena itu kita harus bersama-sama mengawasinya dan mencegah terjadinya karhutla," katanya.

BACA JUGA:Serapan Pupuk Subsidi Belum Maksimal, Ini Penyebabnya

Sehingga, lanjutnya, apabila muncul titik api yang masih kecil di lahan perkebunan ataupun kawasan hutan, itu bisa langsung dilakukan pemadaman agar api tidak menyebar menjadi besar. 

Pihaknya juga menekankan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan, baik di lahan perkebunan maupun lainnya, karena jelas itu sangat berbahaya.

"Mari kita jaga kelestarian lingkungan kita terutama dari musibah karhutla yang tentunya sangat berdampak buruk bagi kita manusia dan juga ekosistem alam, salah satunya dengan tidak membuka lahan dengan pembakaran," ujarnya.

Dijelaskannya, pada Rabu 2 Agustus 2023 kemarin, jajaran Polres Pesisir Barat, juga telah merespon cepat dengan mendatangi beberapa titik hotspot karhutla yang terpantau berada diwilayah hukum Polres setempat. 

BACA JUGA:Sat Samapta Polres Pesbar Rutin Patroli Hunting dan Dialogis

Dari hasil pantauan, terdapat tiga titik hotspot karhutla antara lain di Pekon Lintik, Kecamatan Krui Selatan dengan koordinat titik hotspot yakni -5.21599 103.93361. 

Kemudian, Pekon Lemong Kecamatan Lemong dengan koordinat titik hotspot -4.9489 103.68974.

"Serta titik hotspot yang ada di wilayah Pekon Kota Batu, Kecamatan Ngaras dengan koordinat titik hot spot -5.45331 104.22105, setelah dilakukan pengecekan ke lokasi oleh petugas saat itu juga semua titik hotspot tersebut langsung dilakukan pemadaman," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: